SMAN 2 Demak Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017  04 Agustus 2017  ← Back

 
 
Jakarta, Kemendikbud --- Rasa Syukur diungkapkan oleh Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Demak, Siti Aisyah saat menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017 sebagai partisipasi sekolahnya dalam upaya melestarikan lingkungan hijau di gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta (2/8/2017).
 
"Alhamdulillah, kami berterima kasih, (penghargaan ini) kami persembahkan kepada warga sekolah dan masyarakat yang berada di lingkungan SMAN 2 Demak serta Kabupaten Demak," tuturnya.
 
Siti menuturkan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kekompakan seluruh warga sekolah, mulai dari pelajar, guru, hingga anggota komite sekolah dalam berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
 
Ia menjelaskan, ada berbagai program di sekolahnya yang berfungsi untuk mengajak para warga di sekolah untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan. Program-program tersebut adalah LISA (Lihat Sampah Ambil), Bebeku (Bersih-bersih kelasku), Penanaman Tanaman Langka, dan apotek hidup. Selain itu juga ada program unggulan lain, yaitu komposter dan bank sampah.
 
"Unggulan di tempat kami adalah komposter. Karena 20% lebih lahan di sekolah kami adalah lahan hijau. Jadi sampah daun tersebut kita olah, kita jadikan pupuk. Kemudian kita jual dan hasilnya kita manfaatkan kembali untuk mengelola lingkungan," jelasnya. "Selain itu, kita juga punya bank sampah yang selain melibatkan warga sekolah juga pemulung yang ada di lingkungan sekolah," sambung Siti.
 
Terakhir, ia mengajak kepada seluruh siswa di Indonesia agar peduli dan aktif menjaga hutan dan lingkungan. Mengingat hutan adalah salah satu kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia.
 
"Kita, bangsa Indonesia itu harus melek apa itu yang namanya penyelamatan lingkungan. Karena kita tahu betapa rusaknya alam kita oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karenanya demi generasi penerus, mari kita jaga hutan dan lingkungan kita!" serunya.
 
Dalam acara Puncak Hari Lingkungan Hidup 2017 tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hadir dan memberikan langsung kepada sekolah-sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017. Presiden mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia untuk membuat trobosan dalam pengelolaan hutan agar bisa bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, terutama yang di sekitar hutan. (Aji Shahwin).

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4403 kali