Berikan Penghargaan, Mendikbud Imbau Lembaga Kursus dan Pelatihan Makin Kreatif  13 September 2017  ← Back



Bekasi, Kemendikbud -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada sejumlah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) berprestasi serta peserta didik kursus dan pelatihan berprestasi tingkat nasional tahun 2017. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dalam acara Gelar Karya Kursus Pelatihan dan Bursa Tenaga Kerja Tahun 2017 di Grand Metropolitan Mall, Bekasi, Jawa Barat (13/9/2017).

“Selamat kepada pemenang, semoga dapat menjadi contoh di daerahnya masing-masing. Ini juga harus menjadi motivasi agar semakin kreatif dan cerdas dalam membaca peluang untuk lebih baik,” ujar Mendikbud saat memberi arahan dalam acara.

Kategori dalam lomba LKP berprestasi tingkat nasional tahun 2017 dibagi menjadi dua, yaitu kategori terakreditasi A/B dan terakreditasi C. Dalam setiap kategori dipilih enam LKP  berprestasi, yaitu juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3.

Untuk kategori terakreditasi A/B, juara pertama dimenangkan oleh LKP English First (EF) Kota Depok, Jawa Barat (keterampilan Bahasa Inggris); juara kedua LKP Dessy Education Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, (keterampilan Bahasa Inggris); dan juara ketiga yaitu LKP Sangkuriang Kota Bogor, Jawa Barat, (keterampilan perhotelan/kapal pesiar). Kemudian juara harapan satu diraih LKP LP3I Kota Surabaya, Jawa Timur, (keterampilan administrasi perkantoran); juara harapan kedua LKP Quali Internasional, Kota Surabaya, Jawa Timur, (keterampilan Bahasa Inggris); dan juara harapan tiga LKP Mahardika, Kota Cirebon, Jawa Barat, (keterampilan tata rias pengantin).

Selanjutnya, pada kategori Terakreditasi C juara pertama diraih LKP Piksi Megatama, Kota Bandung, Jawa Barat, (keterampilan desain grafis); juara kedua LKP Gazebo English Course, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, (keterampilan Bahasa Inggris). Juara harapan satu yaitu LKP Erlangga, Kota Blitar, Jawa Timur (keterampilan bidang Komputer); juara harapan dua LKP Dinasty, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, (keterampilan bidang komputer); serta juara harapan tiga LKP Gamatika, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, (keterampilan bidang mengemudi).

Selain itu, pada lomba kompetensi peserta didik kursus dan pelatihan tingkat nasional tahun 2017 dibagi menjadi sepuluh kategori keterampilan, yaitu membatik, hantaran, akuntansi, komputer, otomotif, tata boga, tata busana, spa, tata rias pengantin, dan tata kecantikan kulit.

Setiap pemenang mendapatkan penghargaan berupa dana pembinaan, piala dan piagam penghargaan. Adapun besarnya dana pembinaan yang diberikan kepada pemenang yaitu mulai dari Rp. 20.000.000,- sampai dengan Rp. 5.000.000,- untuk LKP berprestasi tingkat nasional dan mulai dari Rp. 6.500.000,- sampai dengan Rp. 2.500.000,- bagi peserta didik kursus dan pelatihan berprestasi tingkat nasional.

Banyak harapan yang ditorehkan pemenang kepada pemerintah, salah satunya Maya Aprilina, pimpinan LKP English First Depok, Jawa Barat. Pemenang pertama LKP berprestasi tingkat nasional ini berharap agar Kemendikbud terus memotivasi dan memberikan pelatihan-pelatihan sehingga LKP lebih berkembang dan semakin banyak LKP yang peduli kepada masyarakat bukan sekedar mencari profit, tetapi juga untuk memberikan kontribusi ke masyarakat, terutama masyarakat yang tidak mampu. (Prima Sari)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2142 kali