Kemendikbud dan Masyarakat Siap Kerja Sama Dukung Pemajuan Kebudayaan  22 September 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan diskusi bersama komunitas dan lembaga masyarakat (20/9/2017). Dalam diskusi yang bertempat di Perpustakaan Kemendikbud tersebut, Kemendikbud dan lembaga masyarakat membahas dukungan dan kontribusi yang dapat dilakukan bersama untuk pemajuan kebudayaan Indonesia.

Direktur Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Sri Hartini menyampaikan pentingnya mengikutsertakan nilai-nilai budaya dalam dunia pendidikan. Karena sesungguhnya pendidikan adalah bagian dari kebudayaan.

“Kebudayaan itu adalah roh segala bidang pembangunan, nilai-nilai budaya adalah akar dari kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur Sri Hartini.

Senada dengan Sri, Ketua Persatuan Penulis Indonesia (Satupena) Nasir Tamara mengungkapkan bahwa kebudayaan adalah ekspresi estetika, moral, dan spiritual. Selain itu, dari kebudayaan, kita bisa tahu seberapa tinggi tingkat peradaban suatu bangsa. Karena menurutnya kebudayaan adalah pengukur tingginya tingkat peradaban suatu bangsa.

Pada kesempatan yang sama adi pranajaya menuturkan, "Kita harus menjadi orang yang lebih cermat dan lebih teliti dalam melihat objek-objek yang bernilai bukan hanya sekedar pembukaan."

“Kami di Kemendikbud berkeinginan untuk terus memajukan kebudayaan Indonesia. Bangsa Indonesia ini luar biasa kaya kebudayaan nya ini adalah modal besar bagi bangsa Indonesia, kami akan memfasilitasi komunikasi komunitas. Kita bisa bersama-sama memasarkan hasil budaya bangsa Indonesia. “ Ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ari Santoso.

Melalui diskusi ini, diharapkan akan dihasilkan gagasan yang dapat meningkatkan kontribusi dan kerja sama antara Kemendikbud bersama lembaga masyarakat untuk mendukung kebudayaan Indonesia. (Aulia Iqlima Putri/Aji Shahwin)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2867 kali