Kemendikbud Selenggarakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia  12 September 2017  ← Back

Bandung, Kemendikbud --- Untuk membentuk wirausahawan muda Indonesia, khususnya para siswa SMA/MA yang terampil dan berinovasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan wadah kepada para siswa berkreasi dengan diselenggarakannya Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Festival ini diselenggarakan mulai tanggal 11 - 16 September 2017 di Kota Bandung Jawa Barat.

"Ajang kompetisi kewirausahaan tingkat SMA/MA ini tetap kami pertahankan sebagai upaya untuk mendorong inovasi generasi muda dalam berwirausaha, khususnya dalam pengembangan model pelajaran kewirausahaan di sekolah sebagai wujud penguatan pendidikan karakter siswa, dan optimalisasi potensi industri ekonomi kreatif di Indonesia," tutur Direktur Pembinaan SMA, Purwadi Susanto, di Bandung, hari ini.

Tahun ini FIKSI mengangkat tema "Creativepreneur with Local Value and Modern Spirit". Dengan tema tersebut, penyelenggaraan festival ini membuat konsep penyelenggaraan berupa #PestanyaWirausahawanMuda. Dengan pengertian, yakni Sebuah festival wirausaha yang meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, penyusunan rencana usaha, serta perencanaan keberlanjutan usaha yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dari seluruh Indonesia yang berminat dan berbakat dalam berwirausaha.

Penyelenggaraan FIKSI 2017 terbagi menjadi lima rangkaian kegiatan. Kegiatan akan dibuka dengan upacara pembukaan yang akan dimeriahkan oleh kesenian dan kreativitas khas Jawa Barat. Selanjutnya kegiatan kedua adalah lomba ide wirausaha inovatif yang akan dilaksanakan melalui seleksi wawancara dan dilanjutkan dengan proses penjurian untuk memilih rencana wirausaha terbaik. Peserta diwajibkan untuk memilih tujuh bidang usaha kreatif, yaitu kerajinan, desain grafis, fashion, pengembangan aplikasi dan permainan interaktif digital, tata boga, dan bidang lainnya.

Kegiatan ketiga adalah pameran kewirausahaan untuk memperkenalkan produk kreatif milik masing-masing peserta, sekaligus dua seminar kewirausahaan yang diisi oleh pembicara ternama Kota Bandung. Pada kegiatan keempat dilakukan kunjungan ke beberapa perusahaan kreatif di Kota Bandung, seperti JNC, Batik Komar, Eliana Keramik, dan Agate, serta wisata edikasi ke NuArt Sculpture Park.  

Kunjungan ini dilakukan supaya peserta dapat mengetahui proses di balik penciptaan masing-masing karya dari tangan pembuatnya langsung. Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup oleh pengumuman pemenang di upacara penutupan FIKSI 2017.

“Generasi muda yang inovatif dalam berwirausaha adalah generasi yang produktif dan memiliki potensi besar untuk menjadi tulang punggung perekonomian melalui sumbangsihnya di bidang industri kreatif. Karenanya, sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mendorong mereka melalui kegiatan unjuk gigi yang bermanfaat seperti FIKSI. Untuk itu teruslah bersemangat para siswa Indonesia untuk berinovasi dalam berwirausaha," pesan Purwadi.*



Bandung, 12 September 2017
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5156 kali