Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Resmi Ditutup  20 Oktober 2017  ← Back

Bogor, Kemendikbud --- Kegiatan Lomba Gugus Depan Unggul  dan Festival Penggalang Ceria yang digelar di Bogor resmi ditutup, Jumat (20/10/2017). Provinsi Jawa Tengah meraih dua piala juara pertama untuk Lomba Gudep Unggul dan Festival Penggalang Ceria kategori perempuan, sedangkan Provinsi Banten meraih juara pertama untuk Festival Penggalang Ceria kategori laki-laki.

Acara lomba  gugus depan unggul dan festival  penggalan ceria tingkat nasional SD  2017 yang bertujuan menguatkan pembinaan tata kelola gudep yang berpangkalan di sekolah dasar melalui kegiatan kompetitif lomba gugus depan unggul. Kemudian di penutup acara gudep ini memberikan penghargaan kepada pengelola gugus depan yang telah mengelola gudep nya hingga memiliki unggulan dalam bidang sumber daya manusia, managemen dan administrasi dana sarana prasarana serta kegiatan proses prestasi dan kemitraan. 

Kegiatan ini diikuti oleh 34 gugus depan. Perwakilan dari tiap-tiap provinsi di seluruh Indonesia yang telah diseleksi melalui penilaian diinsitansi yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus, total peserta berjumlah 714. Dengan rincian 170 peserta dewasa dan 544 peserta anak-anak. 

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang lomba, baik lomba gugus depan maupun festival  penggalang ceria, semoga kemenangan bapak ibu dan anak-anak sekalian bisa membawa semangat baru, motivasi baru untuk membina pramuka di tempat masing-masing”. Ujar Didik selaku Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mewakili Mendikbud 

Lomba seperti ini tentu bukan hanya sekedar untuk mendapatkan juara tetapi yang penting adalah pramuka yang menjadi salah satu model dalam rangka penguatan pendidikan karakter bisa betul-betul diterapkan. Melalui pramuka, bisa memberikan karakter kepada anak-anak kita terutama karakter kerja sama, karakter tanggung jawab, karakter mandiri, karakter toleransi, dan karakter-karakter yang lain.

“Untuk itu, sekali lagi penguatan pendidikan karakter yang menjadi program andalan dari bapak Presiden Jokowi yang direncanakan oleh Kemendikbud bisa dilaksanakan di sekolah dasar memang prioritasnya dari SD dan SMP dan tentu anak bapak dan ibu diharapkan menjadi model yang akan menjadi bagian dari sekolah-sekolah yang bisa mengimbaskan pendidikan karakter di tempatnya masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada kalian semua,” kata Didik.  

Pada kesenpatan yang sama, Direktur Pembinaan SD Kemendokbd mengatakan  Kegiatan Gugus Depan Unggul yang telah dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 17 kemarin sampai dengan hari ini bertempat di Bogor ini  berjalan dengan baik.

Acara ini selain memberikan penghargaan juga menguatkan pembinaan peserta didik melalui kegiatan kompetitif, kreatif, serta memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi di bidang keterampilan kepramukaan melalui festival penggalang ceria. 

Kegiatan ini terbagi dua kegiatan utama, yang pertama dari peserta unsur dewasa yang  berkompetensi dalam materi lomba prestasi, pengelolaan gugus depan, pameran keunggulan gugus depan unggul dan presentasi pengembangan gugus depan. Yang kedua dari peserta didik penggalang, berkompetisi dalam 12 ragam lomba keterampilan yaitu, melalui festival penggalang ceria ini meliputi tata laksana perkemahan, lomba pionering projek gapura perkemahan, lomba kemampuan indra kemanusiaan, lomba penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, lomba teknologi tepat guna, lomba sandi dan isyarat, lomba membuat poster, lomba kemampuan ilmu menaksir, lomba yel-yel ceria, lomba ketangkasan, lomba menulis log book, dan kuis ceria siap sedia. 

"Sebagai penghargaan atas usaha yang dilakukan oleh peserta melalui pembinaan peserta didik melalui gugus depan kami memberikan motivasi berupa dana pembinaan kepada peserta unggulan, untuk lomba gugus depan unggul juara 1 mendapatkan dana pembinaan sebesar 30 juta, juara 2 mendapat dana 25 juta, juara 3 mendapat dana 20 juta, harapan 1, 2, dan 3 mendapat dana pembinaan sebesar 15 juta, finalis mendapat dana pembinaan 10 juta, dan 23 gugus depan peserta lain nya yang mendapat dana pembinaan sebesar 5 juta setiap gugus depan," kata Wowon.

Untuk festival penggalang ceria, juara 1 mendapat dana pembinaan sebesar 30 juta, juara 2 mendapat dana 25 juta, juara 3 mendapat dana 20 juta, harapan 1,2, dan 3 mendapat dana sebesar 15 juta, dan 23 regu peserta lainnya mendapat dana pembinaan sebesar 5 juta setiap regu.


Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3764 kali