Unit Layanan Terpadu Kemendikbud Terus Berikan Layanan Prima  21 Oktober 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Selama tiga tahun, Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (ULT Kemendikbud) telah melakukan banyak pengembangan sarana dan prasarana. Perluasan area pelayanan dan pengembangan aplikasi pelayanan secara luring (offline) maupun daring (online) telah dilakukan ULT Kemendikbud untuk dapat memberikan layanan prima bagi para pengunjung khususnya pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Berbagai inovasi dilakukan ULT Kemendikbud untuk memangkas birokrasi yang selama ini dianggap rumit oleh masyarakat. Misalnya, layanan bagi masyarakat yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui laman ult.kemdikbud.go.id dalam hal permohonan informasi, pengaduan, dan lainnya.

Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Sediarto mengatakan, banyak pengurusan dan pengaduan yang diterima oleh ULT Kemendikbud sebenarnya dapat diselesaikan di sekolah atau dinas pendidikan dan kebudayaan setempat. “Namun pengunjung lebih memilih langsung ke ULT Kemendikbud karena layanan yang diberikan memiliki kepastian,” ujarnya saat menerima kunjungan studi banding Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta di Kantor Kemendikbud, Jakarta (20/10/2017).

ULT Kemendikbud adalah unit penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu di lingkungan Kemendikbud yang dikoordinasi oleh BKLM Kemendikbud. Petugas  ULT Kemendikbud adalah staf-staf unit utama di lingkungan Kemendikbud yang memiliki akses langsung baik secara data, aplikasi, dan jaringan kerja untuk setiap layanan, sehingga solusi yang diberikan kepada pengunjung tepat sasaran dan tuntas.

ULT Kemendikbud juga membuka pintu bagi dinas pendidikan dan kebudayaan di daerah untuk melakukan studi banding dalam hal layanan terpadu baik secara prosedur, alur kerja, sarana prasarana, dan lainnya. Hal tersebut seperti yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta yang memantau langsung pelayanan di ULT Kemendikbud. Mereka juga diajak untuk meninjau langsung ruang call center, layanan media daring, dan lainnya. (Rona Uly)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3519 kali