Diplomasi Lunak, Indonesia dan Tiongkok Gelar Pertunjukan Budaya  26 November 2017  ← Back


Jakarta, Kemendikbud
--- Sebagai salah satu bentuk upaya dalam mempererat hubungan bilateral, Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok menggelar Pertunjukan Kesenian Persahabatan Indonesia-Tiongkok di Jakarta (25/11/2017).

"ini merupakan salah satu bentuk soft diplomacy. Saya percaya bahasa kesenian ini akan efektif untuk diplomasi kita," tutur Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid.

Hilmar juga menyampaikan bahwa sudah sejak lama kedua negara menjalin kerja sama di bidang kebudayaan, terutama kesenian. "Kita berharap melalui bahasa kesenian ini kita dapat memperdalam pengertian dan memperkuat ikatan antar masyarakat kedua negeri," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Perdana Menteri Pertama Tiongkok Zhang Gaolimenyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dan kerja sama antara Kementerian Koordinasi Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia serta Kementerian Kebudayaan Tiongkok dalam penyelenggaraan pertunjukan ini.

Melalui pertunjukan ini, dia berharap akan meningkatkan kerja sama di bidang humaniora, khususnya pertukaran sosial budaya.

Dalam pergelaran ini, berbagai atraksi seni budaya yang berasal dari kedua negara ditampilkan, baik bergantian maupun berkolaborasi. Beberapa kesenian yang ditampilkan dari kedua negara adalah tari Saman, seni bela diri pencak silat dan debus, serta seni bela diri wushu,  (Aji Shahwin)

 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1184 kali