Kabupaten Sambas Dorong Pendidikan Karakter di Segala Lini  07 Februari 2018  ← Back

 
 
Depok, Kemendikbud --- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah, salah satunya Bupati Kabupaten Sambas. Di Sambas, pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di lingkungan pendidikan, namun juga bidang lainnya.
 
Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Rasyidin, Bupati Sambas mengharapkan setiap dinas memiliki terobosan terkait penerapan akhlakul karimah, yaitu akhlak yang terpuji. "Sederhana saja, dagang itu jangan mengurangi timbangan, pertanian misalnya jangan menjual beras oplosan," ujar Rasyidin di sela-sela Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Depok, Jawa Barat (6/2/2018).
 
Di bidang pendidikan, Kabupaten Sambas yang dibelah sungai juga akan melibatkan siswa untuk membersihkannya. Hal ini untuk mengenalkan kebersihan lingkungan sejak dini. Filosofi kebersihan dan kebiasaan baik yang dilakukan di sekolah diharapkan mampu diterapkan saat siswa berada di rumah dan di tengah masyarakat. "Sebetulnya apa yang kita buat di sekolah untuk diterapkan di masyarakat," tambah Rasyidin.
 
Kabupaten Sambas pada tahun 2017 mewakili Provinsi Kalimantan Barat dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Sekolah yang mewakili adalah TK Pembina dan SMA Muhammadiyah. Ke depan diharapkan sekolah sehat tidak hanya milik dua sekolah ini saja, namun sekolah-sekolah lain juga akan mengikuti. (Anang Kusuma/Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 805 kali