Lulusan SMK Nautika Terus Diburu Dunia Kerja  06 Februari 2018  ← Back

Depok, Kemendikbud --- Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan nautika masih sangat dibutuhkan dunia kerja. Banyak perusahaan pelayaran 'jemput bola' melakukan seleksi untuk posisi anak buah kapal langsung ke SMK.

"Tiap tahun perusahaan pelayaran datang ke sekolah kami untuk menyeleksi pegawai. Lulusan dari sekolah kami hampir semua bisa bekerja di pelayaran," kata Sansan Hendrayana, siswa SMK jurusan nautika, dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2018 di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Depok, Senin (5/2/2018).

Siswa SMK Negeri 1 Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat tersebut merasa bangga bisa diterima di jurusan nautika. "Bagi anak dari keluarga miskin, jurusan nautika adalah pilihan tepat, karena bisa cepat kerja," ujar Sansan yang sedang bertugas menjaga gerai pameran sekolahnya.

Sansan juga menilai proses belajar mengajar di SMK jurusan nautika benar-benar untuk menyiapkan para lulusannya siap kerja. "Di kelas 10 sudah ada program magang selama tiga bulan. Di kelas 11 ada lagi program magang selama enam bulan. Selama magang tersebut kami juga mendapat sertifikat," kata Sansan menambahkan.

Rio Ramdani, teman Sansan dari SMKN 1 Mundu Cirebon, mengatakan bahwa pengajar di sekolahnya tidak hanya guru SMK tersebut, namun juga para alumni yang saat ini bekerja sebagai nahkoda kapal. "Alumni yang telah berpengalaman bekerja di pelayaran sering datang ke sekolah kami untuk berbagi pengalamannya," kata Rio.

Rio menambahkan bahwa salah satu kunci kesuksesan lulusan SMK jurusan nautika adalah penguasaan bahasa asing. "Di sekolah kami, bahasa asing yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Kami berusaha agar ketika lulus nanti sudah menguasai kedua bahasa asing tersebut," pungkas Rio.  (Nur Widiyanto)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6629 kali