Mendikbud Buka Rakor Pelaksanaan Program PAUD dan Dikmas 2018 di Belitung  28 Februari 2018  ← Back


Belitung, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka Rakor Pelaksanaan Kebijakan dan Program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) di BW Suite Belitung Tanjung Pandan Belitung, Senin (26/2/2018). Dalam rakor tersebut Mendikbud didampingi Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Harris Iskandar dan pejabat eselon II di lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas.

Mendikbud mengatakan bahwa kunci keberhasilan PAUD dan Dikmas adalah selektif dan fleksibel dalam melaksanakan program-programnya. "Kunci keberhasilannya adalah selektif dan fleksibel dalam pelaksanaan program. UPT PAUD dan Dikmas harus dipertahankan dan terus melakukan koordinasi dengan provinsi," kata Muhadjir.

Konteks koordinasi dan kerja sama ini tidak lepas dari strategi yang harus ditempuh. "Siapa melakukan apa, ditetapkan berapa targetnya, dari mana dan berapa anggarannya, dan harus disusun langkah-langkahnya," tambah Mendikbud.

Koordinasi UPT PAUD dan Dikmas dengan dinas pendidikan provinsi untuk mempercepat penyiapan satuan pendidikan dalam pencapaian standar nasional pendidikan. "Pendidikan PAUD dan dikmas di Indonesia harus dapat bersaing dengan negara lain dan lulusannya sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar mengatakan kegiatan rakor di Belitung ini adalah pelaksanaan rakor tahap ketiga untuk regional Sumatra. "Sebelumnya dilaksanakan rakor di Kota Mataran Nusa Tenggara Barat dan Anyer Banten," kata Harris.

tujuan rakor ini adalah menyosialisasikan Rencana Program dan Anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas tahun 2018, berbagai petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan, dan memverifikasi rencana alokasi bantuan PAUD dan Dikmas per kabupaten/kota. "selain itu untuk menyepakati rencana alokasi dan jadwal kerja pelaksanaan kegiatan tahun 2018," ujar Dirjen PAUD dan Dikmas.

Kegiatan Rakor ini dihadiri 134 orang peserta yang terdiri dari Kepala Bidang PAUD dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Bangka Belitung. Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Aceh, Sumatra Utara, Sumatra barat, Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatra Selatan. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1053 kali