Mendikbud Serukan Siswa Tetap Mencari Informasi dalam Buku  09 Februari 2018  ← Back



Padang, Kemendikbud — Di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat saat ini, seolah tak ada hambatan untuk mencari sebuah informasi yang kita inginkan. Sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia dapat dengan mudah mendapatkan informasi melalui internet tanpa hambatan ruang dan waktu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan, siswa yang mencari informasi melalui internet atau media sosial dalam pembelajaran itu sah-sah saja di era saat ini. Namun, kata dia, para siswa perlu memiliki kecakapan literasi digital agar informasi yang diterima dapat dipertanggungjawabkan.

“Lebih baik mencari informasi melalui buku saja, lebih valid karena melalui berbagai kajian,” ujar Mendikbud Muhadjir saat memberikan arahan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (9/2/2018).

Guru dan orangtua pun perlu mengawasi para siswa dalam memilih buku-buku yang tepat dan baik untuk dibaca sesuai usia mereka. Dalam hal ini tentu guru dan orangtua pun perlu memiliki kecakapan literasi yang baik.

Mendikbud mengimbau, sekolah-sekolah agar terus menerus menggalakan gerakan literasi termasuk literasi digital bagi siswa khususnya di lingkungan sekolah. Literasi dapat ditumbuhkan kepada siswa melalui kegiatan-kegiatan seperti 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum memulai pembelajaran, menyediakan pojok literasi di sudut-sudut sekolah, menyediakan perpustakaan yang nyaman, dan lainnya. (Agi Bahari)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 926 kali