Siswa SMK Kembangkan Mobil Formula Hybrid   07 Februari 2018  ← Back


Depok, Kemendikbud  --- SMK Bisa! Siswa SMK kini sudah bisa mengembangkan produk otomotif berupa mobil formula hybrid. Karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri itu sudah diluncurkan pada tahun 2016. Mobil ini pun turut dipamerkan dalam Pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018.
Mochamad Yanu, salah satu siswa yang bergabung dalam Tim Formula Hybrid SMK Muhammadiyah 1 Imogiri mengatakan, pengembangan formulya hybrid dilakuakn oleh tim siswa yang terdiri dari lima siswa berprestasi.
 
"Tim yang saat ini terdiri dari saya sendiri, Nanda Triwibowo, M. Fahri Arozi, Dwi Yuliansyah, dan Yogi Gunawan," kata Mochamad Yanu saat diwawancarai di arena Pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018, di Depok, Jawa Barat, Senin (5/2/2018).

Yanu menyampaikan bahwa pemilihan tim formula hybrid yang saat ini dilakukan melalui seleksi berdasarkan nilai hasil pembelajaran dan kompetensi dasar siswa di bidang otomotif. Ia yang sebelumnya tidak menyangka akan terpilih menyatakan bahwa hal ini merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Dirinya mengatakan bahwa menjadi bagian dari tim formula hybrid merupakan pengalaman yang berharga dan luar biasa.

"Ke depan kami berencana untuk memasang Anti-lock Braking (ABS) pada sistem pengereman, kemudian memasang remote control untuk dapat mengendalikan dari jarak jauh, dan menambahkan mekanisme di mana ada switch otomatis sehingga apabila bensin habis maka secara otomatis berubah ke listrik," kata Yanu.

Yanu mengharapkan pemerintah dapat ikut terlibat dalam pengembangan formula hybrid sehingga kendaraan ini dapat lebih disempurnakan dan menjadi bahan pembelajaran bagi siswa lainnya. (Harriswara Akeda/Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 608 kali