Kemendikbud Buka Penerimaan Kepala dan Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri  12 Maret 2018  ← Back


Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka penerimaan kepala dan guru sekolah Indonesia di luar negeri (SILN). Kesempatan ini terbuka bagi kepala sekolah yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan guru yang berstatus bukan PNS yang memenuhi persyaratan.

Waktu pendaftaran seleksi ini dibuka dari tanggal 12 sampai dengan 29 Maret 2018. Pengumuman hasil seleksi administrasi direncanakan tanggal 9 April 2018, sedangkan seleksi    akan digelar tanggal 2 hingga 5 Mei 2018. Hasil Seleksi akan diumumkan pada Minggu kedua bulan Mei 2018.

Bagi kepala sekolah yang berminat mendaftar, persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain: a. warga negara Indonesia (WNI); b. berusia maksimal 52 tahun saat mendaftar; c. sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba; d. berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan; e. diutamakan telah memiliki Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Sertifikat Profesi Pendidik. Persyaratan khusus antara lain: a. berstatus PNS; b. pangkat serendah-rendahnya Pembina, golongan ruang IV/a; c. memiliki kualifikasi akademik Sarjana Kependidikan (S1), diutamakan berpendidikan Magister Pendidikan (S2); d. memiliki akumulasi pengalaman minimal lima tahun sebagai Kepala Sekolah.

Bagi guru yang tertarik mendaftar seleksi ini, persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain: a. warga negara Indonesia (WNI); b. berusia maksimal 40 tahun saat mendaftar; c. sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba; d. berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan; e. diutamakan telah memiliki Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Sertifikat Profesi Pendidik. Persyaratan khusus antara lain: a. berstatus sebagai guru bukan PNS; b. berijazah minimal sarjana sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75; c. diutamakan telah mengikuti Uji Kompetensi Guru; d. memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0.

Pendaftaran secara daring dimulai tanggal 12 sampai dengan 29 Maret 2018 pukul 12.00 WIB. Peserta seleksi wajib melakukan pendaftaran/registrasi awal secara daring melalui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln. Pendaftar harus menyiapkan data-data seperti Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat surat elektronik.

Informasi mengenai seleksi penerimaan kepala dan guru SILN tahun 2018 ini dapat dilihat melalui pranala https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/seleksi-bersama-penerimaan-kepala-dan-guru-sekolah-indonesia-di-luar-negeri-tahun-anggaran-2018. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4211 kali