Lantik Pejabat Baru, Mendikbud: Bimbing dan Beri Pengarahan yang Baik Kepada Pegawai Baru  30 Maret 2018  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy kembali melakukan rotasi kepada 34 orang pejabat administrator (eselon III) dan 51 orang pejabat pengawas (eselon IV) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Plaza Insan Berprestasi, Jakarta, pada Kamis (29/03/2018).

Sehubungan dengan diterimanya 298 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud yang mulai melaksanakan tugas pada tahun 2018, Mendikbud berpesan agar para pegawai baru tersebut dapat diberikan bimbingan dan arahan yang baik oleh pimpinannya. Mendikbud menegaskan bahwa pada tahun yang akan datang pegawai baru inilah yang akan menentukan keberhasilan atau ketidakberhasilan Kemendikbud dalam melayani masyarakat.
 
“Siapapun pejabat yang ketempatan pegawai baru, tularkanlah kepada mereka hal-hal yang baik yang ada pada diri bapak/ibu sekalian dan yang ada di lingkungan kerja. Karena 20 tahun atau 30 tahun yang akan datang merekalah yang bertanggunjawab atas keberhasilan Kemendikbud dalam menjalankan misinya,” ujar Mendikbud dalam sambutannya.
 
Mendikbud juga menjelaskan bahwa rotasi ini bertujuan untuk mewujudkan wajah baru di lingkungan Kemendikbud yang lebih segar dan lebih kondusif.

"Saya harap mekanisme tour of duty and tour of area yang mulai kita tradisikan ini akan membuat kinerja Kemendikbud semakin baik di masa yang akan datang. Terlalu lama di dalam suatu posisi itu sangat tidak sehat, baik itu bagi yang bersangkutan maupun lembaga. Karena itu, saya mohon rotasi ini tidak diinterpretasikan yang aneh-aneh, tidak usah wa kemana-mana, kita ingin membangun birokrasi yang sehat," kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Mengakhiri sambutannya, Mendikbud berharap dengan adanya rotasi ini, para pejabat menikmati suasana baru dengan perspektif yang baru. “Saya minta bapak/ibu dinikmati betul, saya yakin dengan berfikir positif, pasti akan menemukan perspektif baru dan insyaallah panjang umur,” ungkap Mendikbud.

Atas arahan Mendikbud, saat ini Biro Kepegawaian Kemendikbud sedang membuat pedoman tentang pindah tugas, pindah jabatan dan pindah penempatan guna membangun birokrasi yang lebih baik. (*)