Majukan Kompetensi Insan Perfilman, Kemendikbud Gelar Lokakarya Perfilman  16 Maret 2018  ← Back



Bojongsari, Depok
--- Sebagai upaya untuk pemenuhan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) gelar lokakarya Perfilman Tingkat Dasar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud di Bojongsari, Depok pada tanggal 15 - 20 Maret 2018. Kegiatan yang merupakan bagian dari implementasi Undang-undang Nomor 3 Tahun 2009 ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud Maman Wijaya.

Maman berharap melalui pola seperti ini dapat disiapkan bibit-bibit muda insan perfilman yang sesuai dengan kebutuhan standar kompetensi dan peta okupasi. "Tentu saja kami berharap agar setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat membuat karya film yang gaungnya dapat terdengar oleh Pusbangfilm, misalnya menang dalam festival atau bahkan diputar di bioskop," tuturnya

Dalam lokakarya ini, ada empat bidang yang dijadikan fokus pelatihan, yaitu tata kamera, tata suara, tata artistik, dan editing. Di mana setiap orang peserta hanya bisa mengikuti satu bidang pelatihan. Selain keempat bidang tersebut, khusus untuk guru SMK dibuka kelas untuk bidang animasi.

Sebelum memulai pelatihan, seluruh peserta diwajibkan untuk mengikuti pretest. Hasil pretest tersebut nantinya akan dijadikan acuan dalam memberikan materi kepada peserta.

Pelatihan ini diikuti oleh 182 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan dari berbagai kalangan, termasuk komunitas perfilman, guru, dan pegawai Kemendikbud. (Aji Shahwin)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1016 kali