Nobar Film Indonesia, Presiden Inginkan Percepat Revitalisasi SMK Perfilman  29 Maret 2018  ← Back



Malang, Kemendikbud
—- Presiden Joko Widodo berkunjung ke kota apel, Malang pada hari Kamis (28/3/2018). Dalam kunjungan tersebut, Presiden mengikuti acara nonton bareng (nobar) film “Yo Wis Ben” bersama insan perfilman Indonesia.

Dalam keterangan yang diberikan pasca menonton film yang menggunakan dialog dalam bahasa Jawa tersebut, Jokowi memberikan apresiasinya atas perkembangan film lokal.

“Dalam dua tahun terakhir ini, film nasional mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah bioskop dan juga jumlah penonton,” tuturnya.

Namun ia juga menyampaikan pertumbuhan jumlah dan pembuatan film belum diimbangi pertumbuhan jumlah kru film itu sendiri. Karenanya Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy segera merampungkan revitalisasi SMK. Mengingat saat ini baru 18 dari 120 SMK perfilman yang baru selesai direvitalisasi.

Menanggapi hal tersebut, Mendikbud menyampaikan tidak hanya revitalisasi yang akan dilakukan, tetapi juga akan melibatkan pelaku perfilman untuk bisa menjadi tenaga pengajar di SMK.

“Kita nanti akan memberi peluang kepada para pelaku perfilman untuk bisa menjadi tenaga pengajar, terutama yang sudah senior-senior dan berpengalaman nanti bisa kita beri sertifikat melalui SKKNI, sehingga pengalamannya bisa disamakan dengan pendidikan formal,” katanya.

Acara nobar ini juga diisi dengan pemberian penghargaan dari Menteri Muhadjir kepada 11 film terlaris tahun 2017, 6 film berprestasi di ajang internasional, 10 penghargaan kesetiaan, serta pemberian 10 sertifikat asesor bidang perfilman. (Aji Shahwin)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3590 kali