Kemendikbud Ajak Orang Tua Aktif Bacakan Buku untuk Anak  27 April 2018  ← Back

 

 

Jakarta, Kemendikbud --- Gernas Baku atau Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak. Salah satu caranya adalah dengan pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan anak usida dini (PAUD), dan lingkungan masyarakat. Pada tanggal 5 Mei 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meluncurkan Gernas Baku dengan mengundang para orang tua, satuan PAUD, pendidik PAUD, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), hingga Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan komunitas literasi.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Sukiman, mengatakan, peluncuran Gernas Baku di Kantor Kemendikbud Jakarta, akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Mendikbud akan melakukan teleconference atau konferensi jarak jauh dengan peluncuran Gernas Baku yang dilakukan serentak di daerah-daerah, antara lain Kabupaten SIdoarjo dan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semua provinsi juga bergerak, tetapi tidak semuanya teleconference. Untuk sementara hanya dua, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dan Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Sukiman di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Ia mengatakan, salah satu tujuan diluncurkannya Gernas Baku adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku kepada anak-anak. Ia juga mengingatkan bahwa mengenalkan aksara atau buku untuk anak-anak tidak boleh memaksakan anak untuk bisa membaca sejak dini.

“Pengenalan aksara ke anak usia dini bisa melalui keaktifan orang tua dalam mengenalkan buku. Prinsipnya, proses pengenalan baca-tulis pada anak usia dini jangan dipaksakan. Untuk anak-anak tertentu yang sudah punya keinginan bisa membaca tidak msalah, yang penting prosesnya tidak dipaksa,” tutur Sukiman.

Gernas Baku juga bertujuan untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Berdasarkan survei Badan Pusat Statisik (BPS) tahun 2015, 91,47 persen anak usia sekolah lebih suka menonton televisi, dan hanya 13,11 persen yang suka membaca. Gernas Baku diharapkan dapat membiasakan orang tua membacakan buku untuk anak, dan menumbuhkan minat baca anak-anak Indonesia. (Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3145 kali