Kemendikbud Buka Seleksi Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman  16 April 2018  ← Back


Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka seleksi Beasiswa Unggulan tahun 2018. Program beasiswa ini merupakan kerja sama Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud, dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ).

Beasiswa ini terbuka bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah yang sederajat tahun 2016, 2017, dan 2018, dengan usia maksimal 22 tahun waktu mendaftar. Sebanyak 30 peserta seleksi yang dinyatakan lulus, akan memperoleh beasiswa untuk kuliah di Program Sarjana (S1) FFTV IKJ.

Seleksi dibagi menjadi dua tahap, yaitu: 1) seleksi administrasi; 2) seleksi tertulis dan wawancara. Seleksi administrasi dibuka dari tanggal 1 Mei hingga 7 Juli 2018, sedangkan seleksi tertulis dan wawancara akan dilaksanakan tanggal 28 Juli 2018. Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 6 Agustus 2018, melalui laman FFTV IKJ yaitu http://fftv.ikj.ac.id.

Peserta seleksi beasiswa ini harus mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran yang nantinya diunggah di laman FFTV IKJ dan dibawa saat pelaksanaan ujian. Berkas-berkas administrasi antara lain ijazah atau surat keterangan lulus, pas foto, salinan kartu keluarga dan akte kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan lain-lain.

Peserta seleksi beasiswa perfilman ini juga harus memiliki bukti karya di bidang perfilman. Sertifikat atau penghargaan di bidang film minimal tingkat kabupaten/kota juga wajib disertakan sebagai kelengkapan dokumen. Selain itu peserta seleksi juga harus membuat tulisan esai dengan minimal tiga halaman dengan tema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia". Petunjuk teknis pendaftaran beasiswa unggulan bidang perfilman dapat diunduh melalui tautan https://t.co/YqpqKwAEZH.

Dikutip dari laman Beasiswa Unggulan, Kepala BPKLN Suharti, mengatakan tujuan umum program ini adalah untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non-gelar. Program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga yang dibiayai diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Secara khusus, tujuan beasiswa bidang perfilman ini adalah untuk menyiapkan SDM dan meningkatkan kompetensi bidang perfilman berdasarkan pada produk unggulan pendidikan dan kebudayaan. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5060 kali