Kemendikbud Optimistis Pelaksanaan UNBK Dapat 100 Persen Pada 2019  10 April 2018  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Daryanto, meninjau Posko Ujian Nasional SMA/MA, di Jakarta, Senin (9/4/2018). Daryanto diterima langsung oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Mochammad Abduh. Dalam kesempatan tersebut, Abduh menyampaikan beberapa kendala atau permasalahan yang dihadapi selama penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), baik pada jenjang SMK/sederajat yang sudah selesai sebelumnya, maupun jenjang SMA/sederajat yang baru saja berlangsung.

Terhadap beberapa kendala yang dihadapi, Daryanto menegaskan agar solusi yang diberikan kepada sekolah dan siswa berpegang pada prosedur operasional standar yang berlaku. Selain itu, ia mengingatkan agar permasalahan serius harus dapat segera ditangani oleh petugas. Meskipun masih terdapat permasalahan secara teknis maupun operasional, namun Daryanto yakin melalui resource sharing atau berbagi sumber daya, sekolah-sekolah dapat mengikuti UNBK.

“Saya optimistis 2019 UNBK bisa 100 persen SMA-SMK dengan resource sharing,” tutur Daryanto.

Kendala yang dilaporkan ke posko oleh daerah, antara lain, terjadinya mati lampu di beberapa lokasi, sehingga solusi yang diberikan adalah pemunduran waktu ujian. Ada pula beberapa siswa yang dilaporkan jatuh sakit sehingga tidak dapat mengikuti ujian. Solusinya, siswa diarahkan untuk mengikuti ujian susulan.

Dari sisi teknis, permasalahan yang terjadi antara lain, adanya kesulitan yang dialami beberapa daerah dalam proses sinkronisasi soal UNBK SMA dari server pusat ke server lokal di satuan pendidikan.

“Sinkronisasi Jumat-Sabtu mestinya, tapi di Papua dan Papua Barat belum bisa karena masih berlangsung UN SMK. Sinkronisasi baru mulai hari Minggu,” jelas Abduh.

Hingga hari Minggu pukul 18.00 WIB ada 67 server yang belum sinkron. Namun, terlepas dari masalah tersebut, pada Senin pagi semua sekolah dapat melaksanakan UNBK.

Tahun ini, peserta UNBK SMA/MA di seluruh Indonesia berjumlah 1.811.888 siswa atau 91 persen dari seluruh peserta Ujian Nasional yang terdiri dari peserta UNKP dan UNBK (sumber: Data Puspendik per 1 April 2018). Pelayanan di posko UNBK SMA/MA berlangsung mulai tanggal 7 April hingga jadwal UNBK berakhir pada tanggal 12 April 2018. (Prani Pramudita).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3016 kali