Mendikbud Beri Motivasi Kepada CPNS Agar Jaga Budaya Kerja  19 April 2018  ← Back

Sawangan, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan motivasi kepada 300 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mendikbud berpesan agar pegawai baru tersebut
mulai memahami dan melaksanakan budaya kerja di Kemendikbud.

“Tugas saudara sebagai CPNS ialah harus bisa memfilter mana tradisi budaya kerja yang baik dan mana tradisi budaya kerja yang tidak baik. Saudara harus jeli betul mengambil contoh-contoh yang baik dan menyisihkan perilaku yang tidak patut di contoh” ujar Mendikbud dalam sambutannya saat membuka Pelatihan Penguatan Kompetensi Bidang Tugas CPNS Golongan III Angkatan 5 s.d. 8 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Sawangan, pada Rabu malam (18/04/2018).

Mendikbud juga berharap agar semua pegawai di lingkungan Kemendikbud harus bisa bekerja sesuai dengan standar kerja yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela. “Jadi hindari, jangan sampai saudara tidak punya niat untuk berprestasi, harus bisa memberikan yang terbaik di Kemendikbud ini,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Mendikbud berpesan agar pegawai baru berusaha keras untuk menjaga konsistensi dan bersikap lurus dengan pilihan yang telah diambil. “Tetapkan dalam pikiran saudara bahwa pilihan di Kemendikbud ini adalah pilihan yang terbaik dan saudara harus memberikan yang terbaik”, tegasnya.

Salah satu pegawai baru yang diterima melalui jalur disabilitas, Dimas Prasetyo Muharram, yang diminta komentarnya di sela-sela acara pembukaan pelatihan, menyatakan merasa sangat senang sekali bisa bekerja di Kemendikbud dengan harapan bisa berkontribusi untuk orang banyak. “Saya setuju sekali dengan pesan Pak Menteri, ketika kita bekerja di suatu kementerian harus didasari niat untuk ibadah, ingin bisa bermanfaat untuk orang banyak. Mudah-mudahan melalui Kemendikbud saya bisa berkontribusi untuk orang banyak juga”, ungkapnya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi dalam laporannya menjelaskan pelatihan ini diberikan melalui tiga tahap yaitu belajar mandiri secara daring, belajar secara tatap muka, dan aktualisasi pembelajaran dalam lintas kerja. Tahapan ini dilakukan dalam rangka memberikan kemampuan kepada pegawai baru untuk berfikir kritis,  berkolaborasi,  berkomunikasi, kreatif, dan percaya diri.

Selain itu, calon pegawai di lingkungan Kemendikbud juga akan diberikan pelatihan dasar yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Mei 2018. Di dalamnya akan diberikan materi terkait dengan seluruh proses tugas yang ada di Kemendikbud.

“Harapan kami begitu mereka masuk ke unit kerja masing-masing, mereka betul-betul memahami dan tidak terlalu lama untuk beradaptasi dengan lingkungannya masing-masing,” kata Didik Suhardi.









Sawangan, 18 April 2018
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman:www.kemdikbud.go.id
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 7659 kali