Diklat Keahlian Ganda: Mendikbud Dorong Guru Perkuat Kompetensi  31 Mei 2018  ← Back


 
Bogor, Kemendikbud -- Pelatihan Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) Angkatan II resmi ditutup oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy, Rabu siang (30/5).
 
Dalam acara yang berlangsung di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Bisnis dan Pariwisata (PPPPTK Bispar), Bogor, Jawa Barat tersebut, Mendikbud berpesan agar para guru meluruskan niat untuk memperkuat kompetensi siswa di sekolah, bukan hanya sekadar berburu sertifikat.
 
“Niatnya harus diluruskan betul, bapak ibu diikutkan keahlian ganda untuk memperkuat kompetensi di sekolah, supaya siswa-siswa kompetensinya terjamin betul. Ikut (pelatihan) ini sebetulnya pintu masuk, belajar mandiri, untuk kemudian Saudara kembangkan sendiri,” tutur Mendikbud.
 
Selain itu, Mendikbud juga mendorong guru peserta diklat dapat berbagi ilmu serta pengalaman yang didapat selama pelatihan dengan guru-guru lain. Ia memahami bahwa masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan pelatihan serupa, meskipun bisa saja sudah memiliki kompetensi pada bidang yang dilatihkan.
 
Mendikbud pun mengaku senang dengan prestasi kerja guru yang telah mengikuti diklat keahlian ganda. “Berdasarkan evaluasi sementara, prestasi kerja guru yang mengikuti diklat keahlian ganda ini lumayan bagus. Kemarin agak ragu, misal guru fisika diminta memimpin keahlian mesin, untuk switch-off, ternyata bagus. Jadi menurut saya tidak ada halangan, meskipun Anda guru adaptif atau normatif,” ujarnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, Sekretaris Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Nurzaman, serta Kepala PPPTK Bispar, Djuariati Azhari. Dalam laporannya, Djuariati menyampaikan, sebanyak 415 orang guru telah menyelesaikan pelatihan yang berlangsung selama tiga bulan dan telah menyelesaikan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). (Prani Pramudita)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5065 kali