Keberadaan Unit Layanan Terpadu di Daerah Memudahkan Layanan bagi Guru  05 Mei 2018  ← Back



Banjarbaru, Kemendikbud --- Ada lima Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang menjadi pilot project pembangunan Unit Layanan Terpadu (ULT) di daerah, salah satunya adalah LPMP Kalimantan Selatan (Kalsel). Kepala Subagian Layanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Darmawan Wicaksono mengatakan bahwa ULT di LPMP adalah miniatur dari ULT di Kemendikbud. 

"Jika ada masyarakat di luar Kalsel datang ke ULT,  tetap dilayani karena semua mini ULT perannya sama seperti ULT pusat yaitu melayani seluruh masyarakat di Indonesia," ujarnya. 

Muhammad Jazuli, Koordinator ULT di LPMP Kalsel mengakui bahwa sejak ULT di LPMP Kalsel beroperasi pada Maret lalu,  jumlah pengunjung terus meningkat. "Tamu paling banyak memang masih seputar kabupaten atau kota di sekitar Kalsel. Bulan Maret jumlah pengunjung hanya lima orang. Namun, bulan April pengunjung ULT meningkat drastis yaitu 65 orang," jelas Jazuli yang mulai bertugas di ULT sejak Februari lalu.

Guru SMP 5 Banjarbaru, Hery Edy, mengaku puas dengan layanan yang didapatnya dari ULT karena bisa memberi solusi atas masalahnya. "Saya tadi mengadukan masalah pendaftaran PPG yang ingin saya batalkan karena saya sudah ikut dan mendapat sertifikasi, kemudian saya mendapat penjelasan dari petugas agar saya cukup menghubungi panitia PPG untuk tidak jadi diikutsertakan," ungkap guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan  tersebut.

Mila Rismiaty, Salah satu staf pada layanan kurikulum 2013 di ULT LPMP Kalsel, mengakui keberadaan ULT di LPMP sangat menguntungkan para pengguna layanan. "Jika sebelumnya masyarakat mendatangi setiap seksi di ruangan yang berbeda, kini masyarakat cukup datang ke ULT untuk mendapatkan layanan," katanya. (Denty Anugrahmawaty)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3950 kali