Ditutup, Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Terima Ratusan Naskah   14 Juni 2018  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik bidang pendidikan dan kebudayaan. Lomba yang bertema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" secara resmi telah ditutup pada hari Sabtu, 21 April 2018 pukul 23.59 WIB.

 

Sejak dibuka pada tanggal 20 Maret 2018, terhitung 846 artikel opini dan features telah dikirimkan oleh peserta melalui laman lombafotoartikel.kemdikbud.go.id. Untuk kategori opini guru berjumlah 419 artikel, kategori opini umum 292 artikel, dan kategori wartawan sebanyak 135 features. 

 

Tingginya animo masyarakat diapresiasi oleh Ari Santoso, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, selaku penyelenggara lomba. "Lomba ini selain mengapresiasi para penulis yang peduli terhadap pendidikan dan kebudayaan di Indonesia, juga sebagai bahan masukan Kemendikbud atas aspirasi dan kritik membangun dari masyarakat," ujar Ari Santoso (23/4).

 

Menulis merupakan bagian dari gerakan literasi yang sedang digalakkan Kemendikbud. Minat menulis akan berbanding lurus dengan minat baca yang memang saat ini masih tergolong rendah di Indonesia. "Banyaknya karya kategori guru jelas pertanda positif. Bila gurunya gemar menulis, akan menularkan kepada peserta didiknya," tambah Ari.

 

Karya-karya peserta yang masuk, selanjutnya akan diseleksi oleh panitia terkait kesesuaian dengan persyaratan yang telah diumumkan. Karya yang lolos seleksi akan dikirimkan ke tim juri yang terdiri dari praktisi media dan perwakilan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

 

Selain lomba artikel dan karya jurnalistik, Kemendikbud juga mengadakan lomba foto dengan tema yang sama, yang akan ditutup pada tanggal 2 Mei 2018 pukul 16.00 WIB. (Anang Kusuma)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2451 kali