Semarakkan Asian Games, Kemenpar Luncurkan Lomba Video Pesona Asian Games 2018  13 Juli 2018  ← Back


 
 
Jakarta, 13 Juli 2018 – Dalam rangka menggaungkan semarak pelaksanaan pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games, yang akan diselenggarakan dalam hitungan 36 hari lagi, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan Lomba Video Pesona Asian Games 2018. Tidak tanggung-tanggung, Kemenpar bahkan menggandeng salah satu pekerja kreatif tanah air, Raditya Dika, yang dilibatkan sebagai salah satu juri utama. Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Raditya Dika adalah sosok influencer yang selalu memilki cara unik dalam menyampaikan sebuah pesan melalui sajian konten video yang menarik.
 
“Saya yakin, saat ini siapa yang tidak kenal dengan Raditya Dika? Sebagai seorang stand up comedian, aktor, sutradara, dan influencer, Dika selalu mempunyai cara unik dalam menyampaikan suatu pesan dalam konten video yang menarik. Kali ini, secara khusus, kami sengaja menggandeng Dika untuk bekerja bersama Pemerintah, menggaungkan semarak Asian Games”, ungkap Menpar, Arief Yahya (12/07).
 
Untuk mengikuti Lomba Video Pesona Asian Games ini, Kemenpar mengajak generasi muda Indonesia untuk membuat video se-kreatif mungkin dengan tema besar Asian Games 2018. Video tersebut bisa diterjemahkan dalam beberapa genre seperti komedi, drama, musikal, dll, dengan total durasi video minimal satu menit dan maksimal tiga menit.
 
Setelah video selesai diproduksi, peserta lomba harus mengunggah video di  dua  akun sosial media mereka masing-masing, yakni ke Facebook dan Youtube dengan menggunakan 5 tagar (hashtag) utama yakni #PesonaAsianGames2018 #PesonaVideoAG2018 #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #Genpi.
 
Selain itu, setelah mengunggah video ke Instagram masing-masing, peserta lomba juga diwajibkan mengikuti (follow) akun instagram @kemenpar, @pesonaid_travel, dan @GenPI.co. Hasil video masing-masing peserta harus dikirimkan melalui email ke redaksi@genpi.co dengan mengisi kolom subyek: “Lomba Video #PesonaAsianGames2018” dan mencantumkan akun medsos peserta lomba.
 
Menpar menambahkan tidak adanya batasan bagi peserta untuk mengirimkan konten dengan jumlah lebih dari satu video. Satu persyaratan penting yang disampaikan bahwa video yang dikirimkan harus bebas dari unsur politik, hoax, dan SARA. Kompetisi ini akan dimulai sejak tanggal 16 Juli hingga 2 September 2018, dengan masa penjurian yang akan dimulai pada tanggal 3 - 9 September 2018, dan pemenang akan diumumkan pada 10 September 2018.
 
Kompetisi video Pesona Asian Games 2018 ini menawarkan total hadiah ratusan juta rupiah. Tiga pemenang dari 10 video terbaik akan mendapatkan paket wisata  liburan mewah ke salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas, Labuan Bajo dengan rincian hadiah, juara I Rp 50 Juta, juara II Rp 30 Juta, juara III Rp 20 Juta, dan juara favorit Rp 10 juta.
 
Selain menggelar Lomba Video Pesona Asian Games 2018, Kemenpar juga menggelar Lomba Voting Atlet Favorit - Fans Games, dengan tujuan untuk  mengajak seluruh masyarakat Indonesia memberikan dukungan kepada para atlet yang akan berlaga di Asian Games sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.  
 
Untuk mengikuti lomba voting Fans Games sangat sederhana, peserta hanya diminta untuk memilih 1 foto atlet pria dan 1 foto atlet wanita dari 100 foto atlet Indonesia yang ditampilkan di Facebook Genpi melalui tautan http://genpi.co/vote/asiangames. Voting tersebut akan menghasilkan 20 nominator, 10 atlet pria favorit dan 10 atlet wanita favorit. 20 nama tersebut akan kembali dipilih untuk menetapkan empat atlet favorit, dua atlet pria terfavorit dan dua atlet wanita terfavorit.
 
Keempat atlet terfavorit tersebut nantinya akan mendapatkan hadiah paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang. Bagi 50 peserta lomba voting yang beruntung akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 500 ribu melalui undian di akhir penghitungan. Selain itu, Kemenpar juga akan menggelar kuis mingguan dengan hadiah uang tunai senilai Rp 25 juta.
 
“Dua jenis kegiatan ini adalah bentuk partisipasi Kementerian Pariwisata untuk “mendemamkan” Asian Games 2018 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mari bersama dukung, ramaikan, dan sukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018”, tutup Menpar.
 
 
Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan
Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika







Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3235 kali