HUT ke-73 RI: Kemendikbud Terus Upayakan Pembenahan Bidang Pendidikan  18 Agustus 2018  ← Back



Jakarta, Kemendikbud -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat, (17/08/2018). Dalam pidatonya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pada upaya pembenahan bidang pendidikan secara terus-menerus sebagai usaha memenuhi janji kemerdekaan.

“Oleh karenanya kita tak henti-hentinya melakukan upaya pembenahan bidang pendidikan ini agar jalan perubahan tetap pada rel yang benar sehingga tidak hanya sesuai dengan arah cita-cita bangsa, tetapi juga dapat lari dengan cepat mengejar perkembangan zaman” ujar Muhadjir yang bertindak juga sebagai Pembina Upacara.

Paradigma pemerataan kualitas pendidikan pun tidak luput dari perhatian. Mendikbud menyampaikan, pemerataan kualitas yang selama ini sering menjadi wacana sudah saatnya terwujud dalam regulasi yang matang dan berani. "Dengan niat baik dan kerja keras kita semua, para orang tua, anak-anak, para guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat luas serta pemangku pendidikan, Insya Allah ikhtiar kita ini akan membuahkan hasil," tutur Mendikbud yang pada saat upacara mengenakan pakaian adat Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam Upacara Peringatan HUT ke-73 RI, antara lain yaitu, pejabat dan karyawan di lingkungan Kemendikbud, serta para undangan yang terdiri dari peserta Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2018, Duta Bahasa Nasional 2018, juga perwakilan kepala sekolah, guru, siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) , Sekolah Menengah Atas (SMA), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Palang Merah Remaja (PMR), dan Paket (A,B,C) dari Jakarta.

Salah satu peserta Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2018, Niken Sasanti, yang juga kepala sekolah SMP Negeri 1 Yogyakarta, mengungkapkan kesannya setelah mengikuti upacara. “Kami guru, kepala sekolah dan pendidik yang lain yang berprestasi sangat terharu dan bangga akan Indonesia, teruslah merdeka Indonesiaku, dan kami para pejuang dalam bidang pendidikan akan terus mengisi dengan perubahan-perubahan yang bagus dalam bidang pendidikan” ujar Niken.

Dalam rangkaian acara peringatan, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi berkesempatan menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada sebanyak 704 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemendikbud yang terdiri dari, 364 orang dengan masa pengabdian 10 tahun; 150 orang untuk 20 tahun; dan 190 orang untuk 30 tahun.

Upacara peringatan didukung pelaksanaannya oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) DKI Jakarta dan Orkestra SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. (Michele Fredika/Miranti Sarasinta/Prani Pramudita)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2284 kali