Parade Budaya Meriahkan Pembukaan FLS2N di Banda Aceh  28 Agustus 2018  ← Back



Banda Aceh, Kemendikbud --- Parade budaya 34 provinsi memeriahkan pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) tahun 2018 di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Senin (27/8/2018). Ratusan peserta defile mewakili provinsinya masing-masing tampil dengan pakaian adat yang berwarna-warni.

Acara dimulai dengan parade yang menampilkan model dengan busana meriah khas Aceh, selanjutnya para peserta masing-masing provinsi secara bergantian masuk ke arena pembukaan. Tak lama mereka disambut dengan tarian Peumulia Jamee (memuliakan tamu), shalawat badar, hingga di akhir acara disambut dengan tarian kreasi Aceh yang menggabungkan antara tari Seudati, Saman, dan tari Ratoh Jaroe.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad memuji pembukaan FLS2N di Aceh sebagai yang terbaik. "Pembukaannya sangat bagus, dan saya lihat ini sangat meriah. Mungkin menjadi salah satu pembukaan yang terbaik selama ini," ujar Hamid Muhammad usai pembukaan FLS2N.

Terkait pelaksanaan FLS2N, Hamid mengatakan, ajang ini menjadi salah satu kegiatan pendidikan yang tidak hanya mengembangkan estetika siswa dalam berseni melainkan juga mampu mendorong sikap kreatif siswa sehingga dapat memperkuat karakter mereka. "Kita menginginkan anak-anak kita mampu merawat dan melestarikan seni dan budaya Indonesia yang kaya," ujarnya.

FLS2N di Banda Aceh dibuka oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Sebelum memukul gendang rapai sebagai tanda dibukanya FLS2N di Aceh, Nova mengatakan bahwa ajang ini menjadi kesempatan para siswa untuk belajar menjadi generasi yang unggul. Hal ini sesuai pula dengan visi pemerintah Aceh dalam mencerdaskan anak bangsa. "Saya yakin penyelenggaraan FLS2N ini memberi ruang untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa," katanya.

Ajang FLS2N tahun 2018 ini diselenggarakan pada 26 Agustus hingga 1 September 2018 di dua lokasi, yaitu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Banda Aceh, Provinsi Aceh. Untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan PKLK diselenggarakan di Pangkalpinang, sedangkan untuk jenjang SMA/MA dan SMK diselenggarakan di Banda Aceh. Peserta FLS2N merupakan siswa-siswi terbaik yang telah lolos seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Peserta FLS2N ke-XI mencapai 1.947 siswa. Pada jenjang SD diikuti 204 siswa dengan jenis lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, dan gambar bercerita. Di jenjang SMP diikuti 442 siswa akan unjuk prestasi di lomba menyanyi solo, musik tradisional, tari tradisional, desain poster, dan gitar klasik. Selanjutnya, pada jenjang PKLK dengan peserta 306 siswa akan menampilkan kemampuan terbaiknya di lomba menyanyi solo, menari, desain grafis, pantomim, melukis, dan MTQ. Sedangkan pada jenjang SMA dikuti 476 siswa mengikuti festival/lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, baca puisi, cipta puisi, gitar solo, desain poster, kriya, film pendek, dan teater monolog. Adapun di jenjang SMK, 519 siswa akan unjuk kehebatan di festival/lomba menyanyi solo, tari tradisional, musik tradisional, gitar solo Klasik, teater, dan film pendek.  (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2000 kali