Jelang Festival Bebas Batas, 156 Lukisan Dipamerkan  01 September 2018  ← Back


Tangerang, Kemendikbud
—- Sebagai bagian dari persiapan menyambut Festival Bebas Batas pada bulan Oktober mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kesenian vtbersama Angkasa Pura II bekerja sama menggelar Pameran Lukisan Aneka Rupa Lima RSJ di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang.

Seperti namanya, pameran yg digelar pada 23 Agustus hingga 18 Oktober 2018 ini diisi dengan karya yang dibuat oleh orang-orang berkebutuhan khusus yang berasal dari lima Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Kelima Rumah Sakit Jiwa itu adalah RSJ Dr. Arif Zainudin (Solo), RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat (Lawang), RSJ Bali (Bangli), RSJ Lampung (Bandar Lampung) dan RSJ Dr. Soeharto Heerdjan (Jakarta).

Direktur Kesenian Kemendikbud Restu Gunawan berharap melalui pameran ini, akan bisa menyadarkan masyarakat tentang luasnya cakupan seni. Menurutnya sebi itu erat kaitannya dengan penguatan karakter di bidang pendidikan.

“Seni itu luas cakupannya. Saya harap orang-orang menyadari bahwa kesenian itu, apalagi jika dihubungkan dengan penguatan karakter bangsa sangat deka,” tuturnya.

Selain itu, Restu menambahkan bahwa seni dalam hal ini tidak hanya soal apresiasi. Namun, lebih jauh lagi, seni juga bisa menjadi sarana untuk penyembuhan bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Selain Bandara Soekarno Hatta, pameran ini juga digelar di Harmoni Central Busway Jakarta. Kemudian puncaknya di Festival Bebas Batas pada 8 Oktober 2018 akan digelar di Galeri Nasional Jakarta (Aji Shahwin)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1304 kali