Indonesia Berkomitmen Jalankan Target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4  07 November 2018  ← Back

 

 

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (Biro PKLN Kemendikbud) bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) meluncurkan Sustainable Development Goals (SDGs) 4 Baseline Report for Indonesia Program atau Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 untuk Indonesia, di Hotel Century Park, Jakarta, Senin pagi (05/11/2018).

Peluncuran SDGS 4 ini dihadiri, antara lain oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, Kepala Biro PKLN, Suharti, dan Direktur Pendidikan dan Agama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Hadiat. Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 yang telah disusun, serta mencari ide, menjaring berbagai masukan, termasuk indikator-indikator yang belum ada untuk Indonesia, terutama mutu.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 untuk Indonesia terdiri dari target 4.1, yaitu Pendidikan Dasar dan menengah yang gratis, setara dan berkualitas. Selanjutnya target 4.2 yaitu Perkembangan, Pengasuhan, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang Berkualitas. Kemudian pada target 4.3 terdapat Pendidikan Tinggi, Teknis dan Kejujuran yang Berkualitas dan Terjangkau.

Keahlian Teknis dan Kejuruan yang Relevan menjadi salah satu tujuan prioritas 4.4. dan pada tujuan target 4.5, akses yang setara pada semua tingkatan pendidikan dan pelatihan bagi anak yang rentan. Tujuan target 4.6 yaitu kemampuan membaca dan matematika. Hal ini dilihat dari kelompok penduduk dengan tingkat keaksaraan terendah adalah penduduk dari kuintil termiskin. Target tujuan yang terakhir, 4.7, ialah pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terus memperbarui komitmen internasional untuk pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan, dengan menciptakan sebuah lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, melalui lingkungan dan sistem akuntabilitas global yang mengutamakan kolaborasi, kerjasama, dan inovasi. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 secara khusus diarahkan untuk pengembangan pendidikan dan bertujuan untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas yang setara dan juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.

Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama dunia turut menyukseskan sustainable goals atau target berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan oleh Suharti. “Salah satunya tujuannya terkait dengan pendidikan yang disebut tujuan 4 itu. Secara global sudah ditetapkan berbagai macam target-target sampai tahun 2030,” Tuturnya.

Selain pada implementasi target, Hadiat juga menitikberatkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 pada keterlibatan sumber daya manusia. “Bagaimana kita sebagai negara mengimplementasikan SGDs, bagaimana keterlibatan orang-orangnya. Tiap negara punya strategi sendiri-sendiri”, tuturnya. Dalam acara peluncuran ini, Hadiat menyampaikan tentang Penyusunan Peta Jalan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Tujuan ke-4: Pendidikan Berkualitas Rencana Aksi 5 Tahun ke Depan. (Bianca Christy/Prani Pramudita).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 425 kali