Kemendikbud Berikan 51 Paket Bantuan Perfilman Hingga Ke Daerah Tertinggal  01 November 2018  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) membagikan 51 paket bantuan perfilman ke seluruh Indonesia, termasuk daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Ke-51 paket bantuan perfilman tersebut terdiri dari 20 alat pembuatan film, 20 alat menonton film di ruang terbuka, dan 11 unit mobil bioskop keliling. Bantuan diberikan kepada sekolah, dinas pendidikan daerah, Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta komunitas perfilman.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Kapusbangfilm) Maman Wijaya mengatakan, selain membagikan mobil bioskop keliling, tahun ini pemerintah juga membagikan peralatan menonton film yang bisa digunakan di ruang terbuka. Hal ini merupakan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya, di mana ada daerah-daerah tertentu yang tidak mampu dijangkau oleh mobil bioskop keliling.

"Atas pengalaman di lapangan, ada kalanya pemutaran tidak bisa dilakukan karena mobil tidak mampu ke pelosok, jalannya tidak mencukupi untuk mobil berukuran besar. Namun jika dengan peralatan pemutaran tanpa mobil, bisa dilakukan pemutaran (film)," ujar Maman dalam kegiatan Bimbingan Teknis dan Penandatanganan Naskah Kerja Sama Bantuan Pemerintah Pengembangan Perfilman di Jakarta (31/10/2018).

Menurut Maman, sesuai dengan kebijakan awal, peralatan pemutaran film tanpa mobil ini ditujukan ke daerah 3T sehingga masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah 3T juga bisa menikmati film Indonesia.

Selain alat pemutaran film, Pusbangfilm juga memberikan alat produksi film kepada sekolah, baik dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Pemberian ini bertujuan untuk mendukung pengembangan perfilman di dunia pendidikan.

Maman meminta agar bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik dan penerima bantuan bisa mengajak instansi maupun lembaga lain di daerahnya untuk bisa ikut memanfaatkan fasilitas yang sudah didapatkan. Ia mencontohkan komunitas perfilman yang mengadakan festival film pendek keliling di daerahnya.

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Komunikasi Publik, Nasrullah, berpesan agar alat yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Pak Menteri berpesan lebih baik rusak karena digunakan dari pada rusak karena nganggur," ujarnya.

Beberapa instansi penerima bioskop keliling adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat. Untuk penerima bantuan perlengkapan menonton film di antaranya adalah Komunitas Sumbawa Cinema Society dari NTB, Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Maluku, serta Museum Balanga Kalimantan Tengah. Sedangkan beberapa penerima peralatan produksi film, di antaranya, SMAN 8 Mataram, NTB; SMK Kertanegara Kuaro, Kalimantan Timur dan; SMKS Pembina Bangsa Bukittinggi, Sumatera Barat. (*)



Jakarta, 31 Oktober 2018,
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

---
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: fb.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
 
Sumber : Siaran Pers BKLM, Nomor: 221/Sipres/A5.3/HM/X/2018

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2123 kali