Lima Industri Raih Penghargaan Peduli SMK  05 Desember 2018  ← Back



Jakarta, Kemendikbud -- Sebanyak lima industri menerima penghargaan Peduli SMK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan Peduli SMK disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pereknomian, Darmin Nasution dan didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dalam rangkaian acara Rembuk Pendidikan Kejuruan di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Adapun industri yang meraih penghargaan meliputi bidang industri otomotif, bidang industri kecantikan, bidang industri makanan dan minuman dan bidang industri listrik. Peraih penghargaan tersebut adalah Director L'Oréal Indonesia, Umesh Phadke, General Manager Corporate Communication PT. Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin, General Manager Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT PLN Persero, Wisnoe Satrijono, Human Capital Director PT Sumber Alfaria Trijaya.TBL, Tri Wasono Sunu, Yamaha Motor Manufacturing Indonesia, M. Abidin.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengucapkan terima kasih atas kepedulian dunia usaha dan dunia industri (DUDI) terhadap pendidikan vokasi, terutama SMK. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada DUDI yang bersungguh-sungguh terlibat dalam penyusunan kurikulum SMK. Menurut Mendikbud, dengan kerja keras dan kerja sama yang baik antara DUDI dan pemerintah, maka diharapkan dapat menghasilkan lulusan SMK yang kompeten.  

Mendikbud mengakui, meski tingkat pengangguran lulusan SMK menurun dibandingkan tahun sebelumnya, namun posisinya masih yang tertinggi. Mendikbud percaya lewat program revitalisasi pendidikan vokasi akan diperoleh hasil yang baik dalam dua hingga tiga tahun ke depan.  

Sementara itu, Menko Perekonomian, Darmin Nasution menuturkan, Presiden Jokowi sangat menekankan SMK, dan perlu rombakan besar-besaran untuk pendidikan vokasi ini. “Keterlibatan industri bisa kita harapkan,” ujarnya. (Ryka Hapsari Putri)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1389 kali