Kepala Badan Bahasa Serahkan KBBI Braille Kepada Perpustakaan Nasional  31 Januari 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi cetakan dengan huruf Braille kini tersedia di Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dadang Sunendar menyerahkan satu set atau 139 jilid KBBI V Braille dan satu buku Sejarah KBBI kepada Perpusnas, di kantor Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Kepala Badan Bahasa menyerahkan buku-buku tersebut kepada Direktur Perpusnas, Muhammad Syarif Bando. Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Bahasa didampingi oleh Sekretaris Badan Bahasa, Abdul Khak, dan sejumlah pejabat di lingkungan Badan Bahasa.

Dadang Sunendar menyebutkan bahwa Perpusnas dan Badan Bahasa memiliki visi dan misi yang sama, yaitu mencerdaskan anak bangsa, dan harus bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut. "Saya sangat senang bisa bersilaturahmi dengan Perpusnas dalam rangka serah terima KBBI Braille. Adalah tugas kita bersama untuk mencerdaskan anak bangsa. Saya pikir Badan Bahasa dan Perpusnas memiliki visi dan misi yang sama, dan kita harus bersinergi untuk mewujudkan visi dan misi itu," ujar Kepala Badan Bahasa, seperti dikutip dari laman Bahan Bahasa.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Perpusnas, Muhammad Syarif Bando. Ia berharap, lembaga yang dipimpinnya mampu memfasilitasi masyarakat disabilitas dengan buku dan ruang baca yang ramah disabilitas. KBBI versi Braille ini diharapkan mempermudah penyandang disabilitas netra mengakses KBBI.

"Saya sangat berterima kasih Badan Bahasa telah mengundang kami untuk hadir dalam acara serah terima ini. Sebetulnya, kami di Perpusnas sudah memiliki ruang, tetapi tidak memiliki bahan baca yang cukup, terutama untuk kaum disabilitas netra. Tugas kita adalah sama, yaitu sama-sama mencerdaskan anak bangsa. Melalui sinergi inilah kita dapat mewujudkan itu semua," kata Syarif.

Penyerahan satu set KBBI Braille tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan KBBI Braille. KBBI Braille telah diluncurkan dalam Kongres Bahasa Indonesia XI yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Pencetakan KBBI Braille merupakan hasil kerja sama antara Badan Bahasa dan Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) "Abiyoso" Kementerian Sosial Republik Indonesia. (Nur Widiyanto)
Sumber : https://badanbahasa.kemdikbud.go.id

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 904 kali