LPMP Ujung Tombak Penjaminan Mutu Pendidikan di Daerah  11 Januari 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud  --- Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) merupakan ujung tombak penjaminan mutu pendidikan di daerah. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad berpesan agar LPMP fokus pada upaya penjaminan mutu yang meliputi validasi data satuan pendidikan, pengembangan dan penyiapan SDM yang lebih terarah, dan peningkatan tata kelola.   

"LPMP harus fokus pada penjaminan mutu pendidikan di daerah kerjanya yaitu validasi data satuan pendidikan, pengembangan dan penyiapan SDM yang lebih terarah, tata kelola dan penetapan LPMP sebagai tempat berinteraksi insan pendidikan," kata Dirjen Dikdasmen ketika mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meresmikan sejumlah fasilitas LPMP DKI Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Hamid berharap agar setiap LPMP dapat bekerja dengan profesional, dan menjalin kerja sama yang baik dengan pihak-pihak terkait. LPMP perlu bekerja sama dengan sesama unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud di daerah, dan bersinergi dengan dinas pendidikan setempat. Dirjen Dikdasmen menegaskan pernyataan Mendikbud agar UPT Kemendikbud di daerah bersinergi dan tidak terkotak-kotak.

Kepala LPMP DKI Jakarta Surya Fitri Nurulhuda mengatakan pihaknya terus meningkatkan kinerja penjaminan mutu pendidikan. "Kami terus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dan memperbaiki tata kelola," kata Kepala LPMP DKI Jakarta. Selain itu, sejak Bulan Mei 2018, LPMP DKI Jakarta telah membentuk Unit Layanan Terpadu (ULT).

ULT di LPMP merupakan upaya mempermudah masyarakat memperoleh layanan. Pihak LPMP DKI Jakarta juga telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kinerja ULT. "Kita telah melakukan studi banding dan konsultasi dengan Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat untuk peningkatan layanan ULT. Kita juga menyiapkan SDM untuk pelayanan di ULT," kata Surya Fitri Nurulhuda. (Nur Widiyanto)
 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 993 kali