Pameran RNPK 2019 Tampilkan Capaian Kinerja Kemendikbud  11 Februari 2019  ← Back

Depok, Kemendikbud--Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) kembali digelar. Perhelatan RNPK tahun ini, kembali dimeriahkan oleh Pameran Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak 78 stan pameran akan mengisi tujuh anjungan, yaitu Melaju Vokasiku; Sinergi Dunia Usaha dan Dunia Industri; Kulinerku Maju; Giat Masyarakat; Budayaku Cerminku; Inspirasiku Untukmu, dan; Capaian Kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada hari pertama penyelenggaraan RNPK 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan penyelenggaraan RNPK sebagai upaya harmonisasi implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. "Ini upaya untuk sinkronisasi dan harmonisasi Kemendikbud dengan provinsi, kabupaten, dan kota," ujar Menteri Muhadjir, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud, Bojongsari, Depok, Senin (11/2/2019).

Pameran Pendidikan dan Kebudayaan pada RNPK 2019 mengusung tema Menguatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Menurut Menteri Muhadjir, pameran ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai capaian kinerja Kemendikbud dan pemerintah daerah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. "Pameran tahun ini bagus, lebih banyak memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang capaian kinerja bidang pendidikan dan kebudayaan, baik yang dilakukan Kemendikbud maupun yang dilakukan provinsi, kabupaten, kota sebagai penerima sebagian wewenang pendidikan sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014", ujar Muhadjir.

Pada saat yang bersamaan, Didik Suhardi, selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbud, menambahkan bahwa informasi capaian kinerja mencakup empat tahun kinerja, yaitu selama 2015 s.d. 2018. "Pameran tahun ini fokus pada capaian kinerja selama 2015-2018 baik pusat maupun daerah sehingga banyak menampilkan pameran kinerja," ujar Sesjen Didik. Tidak hanya itu, pada pameran ini terdapat anjungan dunia usaha dan dunia industri. "Pemerintah daerah dapat melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) langsung dalam kegiatan pameran untuk meningkatkan kualitas pendidikan," ujar Didik Suhardi. Pameran Pendidikan dan Kebudayaan pada RNPK 2019 dibuka oleh Mendikbud ditandai dengan memainkan angklung bersama dengan Sanggar Gandrung Banyuwangi. *(RWT/GG)

Depok, 12 Februari 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
www.kemdikbud.go.id
Sumber : SIARAN PERS Nomor: 040/A5.3/Sipres/II/2019

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 532 kali