Pencairan PIP Jenjang SMP di Kab. Gowa Sudah 90,70 Persen  21 Februari 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Pencairan dana manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk jenjang pendidikan SMP sudah mencapai 90,70 persen. Sedangkan untuk jenjang pendidikan SD mencapai 87,37 persen. Hal tersebut terungkap berdasarkan data dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) per tanggal 30 Januari 2019.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Salam, saat dihubungi melalui telepon, pada Senin (18/02). ”Dinas Pendidikan terus berkoordinasi dengan BRI untuk mempercepat pencairan dana, khususnya yang sudah lengkap berkasnya dan tidak menambah syarat di luar ketentuan yang berlaku,” terang Salam.

Di Kabupaten Gowa tercatat sebanyak 82.800 siswa SD dan 36.768 siswa SMP sebagai penerima manfaat PIP tahun 2018. “Kami ingin dana PIP ini bisa membantu meringankan keluarga tidak mampu dalam biaya pendidikan anak – anaknya. Kami juga pastikan bahwa penerima dana PIP tahun 2018 di Kabupaten Gowa adalah anak keluarga tidak mampu yang berhak menerima KIP,” ujar Salam.

Salam mengatakan, beberapa orang tua siswa yang ia temui menyampaikan bahwa dana manfaat PIP sangat dirasakan manfaatnya oleh keluarga tidak mampu untuk membantu biaya atau kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Selain itu, untuk memotivasi anak yang putus sekolah untuk kembali bersekolah.

“Siswa dari kalangan keluarga kurang mampu mengaku sangat terbantu dengan adanya dana PIP karena siswa dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikannya, utamanya kebutuhan alat tulis, buku buku tulis, perlengkapan sekolah dan seragam sekolah,” tuturnya.

“Kami berharap Program Indonesia Pintar bisa berlanjut terus, begitu juga unit cost per siswa bisa ditingkatkan,“ ucapnya. (Agus Pramono).
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 639 kali