Bupati Cianjur Apresiasi Kemendikbud Dorong Pemajuan Budaya di Daerahnya  23 Maret 2019  ← Back

Cianjur, Kemendikbud —- Plt. Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mendorong pemajuan kebudayaan di Kabupaten Cianjur.

“Tahun ini kami di Kabupaten Cianjur telah menerima penghargaan Cagar Budaya Nasional Situs Gunung Padang. Dengan penghargaan ini dapat mendorong kemajuan potensi-potensi budaya lainnya yang ada di Cianjur.” Tutur Herman pada acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019, di Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (22/03).

Situs Gunung Padang tersebut, kata Herman, merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Cianjur. “Masyarakat Cianjur bangga memiliki situs yang konon cagar budaya paling tua. Keberadaan cagar budaya tersebut menarik perhatian turis baik domestik maupun internasional. Dengan begitu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada satu bulan yang lalu Presiden RI Joko Widodo, meresmikan alun - alun Kabupaten Cianjur. “Tepat di hari yang sama pada hari Jumat Bapak Presiden meresmikan alun-alun Kabupaten Cianjur. Bapak Presiden menyampaikan alun-alun ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, dan merekomendasikan agar pemerintah daerah lain dapat studi banding ke Cianjur,” ucap Herman.

Penyelenggaraan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Cianjur dihadiri sekitar 4.000 orang, dan dimeriahkan dengan berbagai acara budaya, seperti penampilan tarian Rama Sinta dan Rahwana, penampilan Pencaksilat Menpo oleh 50 siswa sekolah dasar, tarian Kaulina Budak oleh 1.000 siswa, dan pameran yang menampilkan produk pendidikan dan kebudayaan.

“Kami bertekad akan menjadikan momen ini untuk lebih giat meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Cianjur. Tahun ini akan kita prioritaskan,” ucap Herman dengan optimis.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Cianjur atas segala peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di daerah tersebut.

“Saya senang sekali hari ini bisa bersilaturahmi kepada para kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, para tenaga kependidikan, dan pelaku pendidikan lainnya. Saya senang pendidikan dan kebudayaan di Cianjur sudah maju dan ditingkatkan,” ujar Mendikbud.

Mendikbud berharap para pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Cianjur dapat terus bekerja keras. “Antar anak didik kita mencapai keberhasilan,” pesan Mendikbud. *

Cianjur, 22 Maret 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber : Siaran Pers BKLM, Nomor: 101/Sipres/A5.3/HM/III/2019

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 265 kali