Pekan Hardiknas 2019: Guru Menjadi Kunci Penyiapan Generasi Era Industri 4.0  20 April 2019  ← Back

Kabupaten Mojokerto, Kemendikbud -- Guru menjadi kunci untuk mempersiapkan peserta didik Indonesia bergabung di era industri 4.0. Kontribusi guru terletak pada penguatan pendidikan karakter manusia Indonesia agar tanggap terhadap segala tantangan. Sehingga, nilai-nilai pendidikan karakter Indonesia haruslah muncul dari seorang guru agar dapat menjadi figur andalan di masa depan. Demikian hal ini mengemuka saat Supriano selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemendikbud) membuka Pekan Hari Pendidikan Nasional 2019, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu, (20.4.2019).

“Guru ini masih memiliki kekuatan. Apapun perubahannya, guru ada di garis depan,” ujar Supriano, Dirjen GTK Kemendikbud, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (20.4.2019). Seorang guru, lanjutnya, menjadi seorang role model dari pendidikan karakter, pendidikan moral, dan kerja sama harus keluar dari seorang guru. Selanjutnya, Supriano menegaskan guru tidak hanya berperan sebagai pendidik, tapi juga sebagai fasilitator, katalisastor dan motivator bagi para siswa. Kontribusi ini, menurut Supriano tak tergantikan oleh kemajuan teknologi sebagai inti dari perkembangan era industri 4.0.

Pada sisi lain, guru haruslah tetap meningkatkan kompetensi agar dapat menghadapi tantangan di era industri 4.0. Dirjen Supriano mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan mekanisme pelatihan kompetensi bagi guru, yaitu melalui sistem zonasi. Mengacu pada data Ditjen GTK Kemendikbud, Sistem ini menyiapkan kompetensi guru dengan strategi pembangunan pendidikan yang terintegrasi secara vertikal dari Satuan Pendidikan, Kab-Kota, Provinsi dan Pusat sesuai dengan ruang lingkup kewenangannya sehingga berkesinambungan dari Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar hingga Pendidikan Menengah. Sistem ini menggantikan mekanisme pelatihan sentralisasi yang dilakukan oleh Kemendikbud selaku pemerintah pusat. "Pelatihan guru melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan 81 jam sistem in out. Sehingga, terdapat koordinasi dan sinkronisasi antar guru untuk membahas kondisi dan permasalahan di tiap-tiap sekolah," jelasnya.

Ke depan, Dirjen Supriano mengungkapkan kompetensi guru dapat tetap menyesuaikan untuk menghadapi tantangan era industri 4.0 sehingga dapat menjadi media untuk menciptakan perubahan yang masif bagi proses pembelajaran di era industri 4.0.

Pekan Hardiknas 2019 di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur melibatkan tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud. UPT ini meliputi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK-BOE) Malang, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPK PKn dan IPS), Balai Bahasa Jatim, Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK), Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikab (BP PAUD Dikmas) Jatim, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim. Selain itu, acara ini jg dibantu oleh dinas-dinas terkait di Jawa Timur. Kemudian, unit ini akan menggelar ragam acara pendidikan dan kebudayaan dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Diantaranya, seminar kebangsaan, selatihan gratis, edukasi arkeologi, dan lomba mewarnai. (Aji/Grc)





Kabupaten Mojokerto, 20 April 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber : Siaran Pers BKLM, Nomor: 135/Sipres/A5.3/HM/IV/2019

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 770 kali