Pusdiklat Kemendikbud Memenuhi Syarat Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional  08 April 2019  ← Back

Bojongsari, Kemendikbud —- Sebagai bentuk peningkatan sinergi antar lembaga pemerintah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia. Kerja sama tersebut didatangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Depok (8/4/2019). Dalam nota tersebut berisi kesepahaman tentang kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan potensi, serta inovasi administrasi.

Dengan demikian Pusdiklat Kemendikbud dinilai telah memenuhi persyaratan untuk menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II. Di mana sebelumnya, untuk pendidikan dan pelatihan tersebut diadakan di LAN dengan peserta lintas lembaga.

Kepala LAN Adi Suryanto yang menandatangani langsung nota tersebut menyampaikan bahwa pemberian kepercayaan tersebut didasari pada beberapa hal, di antaranya kebutuhan dan tata kelola pusdiklat kementerian.

“Tata kelolanya sudah bagus, minimal (akreditasi) A, mereka kita beri kepercayaan menyelenggarakan sendiri PKN. Jadi buat Kemendikbud ini merupakan prestasi,” tutur Adi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Pusdiklat Kemendikbud Garti Sri Utami menjelaskan sejak awal memang Pusdiklat telah memiliki potensi yang mumpuni, terlebih Sektetaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Didik Suhardi terus mendorong peningkatan kualitas serta penyatuan visi untuk tingkat nasional. Karenanya ia berupaya agar dengan meningkatkan potensi yang ada, dapan menjadikan Pusdikat mampu untuk gelar diklat PKN sendiri.

“Kita rombak kelas, kita tingkatkan sara berbasis IT, jaringan lebih kuat. Sarana kamar lebih nyaman. Dan WI (Widyaiswara) pun kita pilih yang benar-benar siap. Dan yang belum (siap) ya kita latih lagi,” jelasnya.

Selama dua tahun ke depan, nantinya dari Lembaga Administrasi Negara akan terus memberikan pendampingan kepada Pusdiklat. Setelah itu barulah penilaian akreditasi dimulai. Sebelumnya di tahun 2018, Pusdiklat Kemendikbud telah memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik untuk kategori kementerian pusat versi LAN. (Aji Shahwin)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2285 kali