Pemerintah Dorong Hubungan Industrial yang Harmonis, Dinamis, dan Berkeadilan Bagi Buruh  02 Mei 2019  ← Back

Setiap tanggal 1 Mei 2019 diperingati Hari Buruh atau "May Day". Pada abad ke-19, para pekerja/buruh diperas keringatnya. Mereka harus bekerja 19 – 20 jam per hari, dengan waktu istirahat 4 jam dalam sehari. Pekerja/Buruh kemudian melakukan demonstrasi menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam per hari pada tanggal 1 Mei 1886. Dengan perjuangan yang gigih, akhirnya tuntutan itu dikabulkan. Kemudian, kongres sosialis dunia di Paris akhirnya menetapkan Tanggal 1 Mei sebagai May Day atau Hari Buruh. Sementara itu, Indonesia telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013.

Sebagai bentuk peringatan "May Day" tahun 2019, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan mengampanyekan tema "May Day, Together We Grow". Semua pihak berperan agar industri bisa tumbuh dan hubungan industrial menjalankan perannya untuk mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi. May Day menjadi momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah untuk berdialog dan mencari jalan terbaik menuju hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerja/buruh.

Pengusaha harus memberikan kesempatan bagi pekerja/buruh untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya. Sementara itu, pemerintah harus memperluas kesempatan pelatihan bagi pekerja/buruh dalam peningkatan kompetensi. Dan membuat regulasi yang mendorong perwujudan hubungan industrial harmonis. Peningkatan hubungan industrial yang positif berdampak pada perkembangan perusahaan yang pada akhirnya akan mendorong penciptaan lapangan kerja baru bagi rakyat Indonesia. Beberapa indikator capaian tersebut di antaranya dapat dilihat dari tingkat Pengangguran Terbuka Terus (TPT) yang terus menurun dan mencapai level terendah selama masa reformasi; penciptaan lapangan kerja yang mencapai 2 juta/tahun; angka kemiskinan yang terus menurun hingga mencapai 1 digit; dan kesenjangan ekonomi yang juga terus menurun.

Selamat Hari Buruh Internasional 2019! Ingat, #MayDayTogetherWeGrow2019
Sumber : Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5998 kali