Peserta KKP 2019 Belajar Kepemimpinan bersama Walikota Bogor  01 Mei 2019  ← Back



Bogor, Kemendikbud --- Peserta Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) berkesempatan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Rabu (01/05/2019). Di sini para siswa dapat melihat berbagai macam tanaman dengan susasana yang sejuk dan asri. Namun yang sangat spesial dalam acara kunjungan hari itu adalah bertemu dengan sosok pemimpin muda dan inspiratif yaitu Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.  

Bima Arya meyambut dengan sangat antusias kedatangan 272 peserta KKP dari seluruh Indonesia. Ia berpesan agar pelajar Indonesia giat belajar, gali potensi dalam berorganisasi, dan dapat mengatur waktu dengan baik antara belajar dan berorganisasi.

"Menjadi walikota/bupati memang melalui politik, namun ada yang lebih penting dari itu semua yaitu belajar dengan giat dan aktif di lingkungan masyarakat. Jika kalian senang berorganisasi, manfaatkan waktu sebaik mungkin agar tidak mengganggu waktu belajar," cerita Bima memotivasi peserta. Ia juga bercerita ketika SMA dirinya aktif mengikuti berbagai macam kegiatan di sekolah, dan ini penting untuk dijadikan pengalaman menuju kesuksesan.

Tak henti-hentinya Bima Arya dihujani banyak pertanyaan dari peserta, mengenai kepemimpinan. Salah satunya Jovanka, siswa asal Taruna Nusantara Magelang ini menanyakan apa yang Arya lakukan sebagai pemimpin di kota Bogor. "Menjadi pemimpin harus meletakkan sikap jujur diatas banyak hal. Memimpin itu adalah ajang untuk kita mewujudkan tujuan bersama, bukan tujuan pribadi," Jawab Bima Arya.

Jovanka yang saat ini menjabat sebagai Ketua OSIS di SMA Taruna Nusantara Magelang ini mengaku mendapatkan banyak ilmu kepemimpinan dari Arya Bima, yang dapat diterapkannya di sekolahnya nanti. "Menjadi pemimpin adalah seseorang yang mampu membawahi orang-orang yang dipimpinnya untuk mewujudkan kepentingan bersama. Sebagai ketua OSIS, saya memegang prinsip bapak pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara," Ujar Jovanka yang bercita-cita menjadi presiden ini. (Nur Widiyanto / RMF Dit.PSMA)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1781 kali