445 Peserta Ikuti Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas 2019  24 Juni 2019  ← Back

Pangkal Pinang, Kemendikbud —- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional ke-13. Kegiatan tersebut dibuka hari ini, Senin (24/6), berlangsung hingga penutupan pada hari Jumat (27/6), di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kegiatan ini merupakan program pemberian penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat yang telah mengabdikan diri dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan tersebut,” terang Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Supriano, pada pembukaan kegiatan tersebut, yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang, Prov. Kep. Bangka Belitung, Senin (24/06).

Selain itu juga, kata Supriano, kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk ketigabelaskalinya ini sebagai wadah bagi para GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat untuk bertemu dan saling bertukar ilmu, meningkatkan wawasan, meningkatkan kompetensi, menjalin silahturahmi dengan sesama GTK dari 34 Provinsi, dan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, memberikan apresiasi kepada Kemendikbud, yang telah memberikan kesempatan kepada daerahnya sebagai tempat diselenggarakannya Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS tingkat nasional ke-13. 

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Provinsi Kep. Bangka Belitung menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat tingkat nasional,” ucap Abdul Fatah.

Menurutnya, PAUD dan Pendidikan Masyarakat memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa, khususnya dalam menyongsong kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah dengan cepat. “Sebagai ujung tombak, guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat perlu terus mengembangkan kemampuannya dengan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini,” pesan Abdul Fatah. 

Kegiatan ini diikuti oleh 445 peserta berdasarkan data konfirmasi kehadiran. Dalam pelaksanaan lomba ini dibagi dalam 22 kategori, yakni 11 kategori Lomba Pendidik Perorangan; 6 Kategori Lomba Tenaga Kependidikan Perorangan; 4 Kategori Lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Daerah Khusus, dan;1 kategori Lomba Kelompok.

Selama pelaksanaan yang dimulai hari ini hingga 26 Juni 2019, penilaian presentasi peserta akan dilakukan di 5 hotel di Kota Pangkal Pinang, yaitu Hotel Santika, Novotel, Swiss Bell, Soll Marina, dan Sahid Bangka Hotel. Pada saat bersamaan juga diselenggarakan lomba kelompok pentas seni dan pameran pendidikan dan kebudayaan di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang. Kegiatan pameran diikuti oleh satuan kerja Kemendikbud, PP/BP PAUD dan DIKMAS, SKPD setempat, dan Asosiasi Profesi PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Bagi para pemenang pada kegiatan ini, Pemerintah akan mengirimkan ke luar negeri untuk mendapatkan kursus singkat sesuai dengan kompetensinya. “Bagi para peserta yang diberangkatkan ke luar negeri diharapkan dapat memberikan imbas positif kepada GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat di daerahnya masing-masing,” pesan Supriano, Dirjen GTK Kemendikbud*





Pangkal Pinang, 24 Juni 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers BKLM Nomor: 203/Sipres/A5.3/HM/VI/2019

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 3275 kali