Jangan Ada Perpeloncoan dan Kekerasan di Lingkungan Sekolah  17 Juli 2019  ← Back



Bekasi, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali menegaskan agar jangan sampai ada kekerasan di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) jangan sampai ada perpeloncoan dan hendaknya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Mendikbud menyayangkan jika masih ada sejumlah sekolah yang menerapkan perpeloncoan dalam PLS. "Kita sangat menyayangkan bahwa sudah berpuluh-puluh kali disampaikan untuk tidak melaksanakan praktik-praktik kekerasan, perpeloncoan di masa-masa PLS," ujarnya saat sidak di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, PLS harus mengutamakan karakter kasih sayang untuk mengenalkan nilai-nilai, program, dan aktivitas yang akan berlangsung selama mereka bersekolah. "Agar adik-adiknya itu segera kerasan, dan nyaman di sekolah yang baru, jangan malah dibikin teror-teror selama PLS," ujar Menteri Muhadjir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengapresiasi usaha pihak sekolah untuk menerapkan nilai-nilai karakter positif selama PLS berlangsung. Menurutnya, penerapan aktivitas PLS harus bersifat humanis, mengajak siswa untuk saling menyayangi, dan bergembira sehingga membuat siswa betah di sekolah. "Penerapan PLS yang humanis dan dilakukan dengan penuh kasih sayang, gembira, dan menyenangkan. Itulah cara untuk membuat anak kerasan di sekolah," ujarnya.

Terhadap temuan tindak kekerasan, Menteri Muhadjir berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. "Pokoknya setiap kejadian akan kita cermati, kalau ada malpraktik tentu akan diurus secara kode etik guru, kalau itu sampai pidana itu urusannya ke aparat," jelas Mendikbud. Selanjutnya, apabila tindak kekerasan bersumber dari akibat pengelolaan sekolah yang kurang baik, maka penyelesaiannya akan dilakukan melalui dewan etik.

"Kalau itu akibat dari pengelolaan sekolah, kaitannya dengan pelanggaran disiplin keprofesian, dan itu penyelesaiannya di dewan etik," ujar Muhadjir. Muhadjir berharap PLS tahun ini dan tahun-tahun mendatang diisi dengan berbagai kegiatan positif dan menggembirakan, dan tidak ada lagi kasus-kasus kekerasan di lingkungan sekolah. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 835 kali