Kemendikbud Siap Selenggarakan Festival Literasi Sekolah Ke-3  22 Juli 2019  ← Back


 
Jakarta, Kemendikbud – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah kembali menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2019, di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Jakarta.
 
FLS menjadi ajang apresiasi tahunan atas capaian Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan. Lebih dari tiga puluh komunitas, lembaga pemerintah, mitra, penerbit, aplikasi, dan sekolah (Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa)  ikut terlibat dalam pelaksanaan FLS ke-3 ini.
 
Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi, perlombaan, pelatihan literasi, peluncuran dan bedah buku, bazar, serta pemutaran film bertema literasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dijadwalkan akan hadir membuka FLS secara resmi pada hari Jumat, 26 Juli 2019.

Dengan mengangkat tema “Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi”, kegiatan literasi yang diselenggarakan dalam FLS tidak terbatas pada literasi baca-tulis saja, tetapi juga mencakup literasi digital, finansial, sains, numerasi, serta literasi budaya dan kewargaan. Semangat menggerakkan literasi, menguatkan pendidikan, dan pemajuan kebudayaan menjadi pendorong utama kegiatan ini.
 
Untuk menyemarakkan FLS, berbagai aktivitas dan kegiatan FLS akan dibagi ke dalam empat area di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud. Keempat area itu adalah Panggung Utama, Pojok Literasi, Ruang Serbaguna Perpustakaan, dan Ruang Teater Perpustakaan Kemendikbud. Sebagian besar acara dilaksanakan secara paralel sehingga pengunjung dapat memilih acara sesuai minatnya masing-masing.

Beberapa agenda acara menarik yang dapat diikuti oleh pengunjung, antara lain, Pelatihan Menulis Kreatif untuk Anak Usia Sekolah Dasar, Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Debat Bahasa Jepang (final) jenjang SMK, Diskusi Mengenali Konten Negatif, Hoaks, dan Keterbukaan Informasi Publik, serta Pelatihan Numerasi: “Berpikir Cepat” dalam Numerasi: Matematika Detik”. Pengunjung pun dapat menikmati potongan harga untuk pembelian buku, kuliner, dan stan penjualan lainnya. (Alfia Nur Rosmelia/Prani Pramudita).

Silakan unduh panduan FLS 2019 di sini.
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5500 kali