Kompetisi Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) Kembali Bergulir  23 Juli 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kompetisi sepak bola pelajar tingkat SMP, Gala Siswa Indonesia (GSI) kembali digulirkan. GSI merupakan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Perhelatan GSI tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan kompetisi sepak bola pelajar ini. GSI merupakan kompetisi berjenjang yang dimulai dari tingkat kecamatan. Seleksi tingkat kecamatan diikuti 2.511 tim, dan sudah berlangsung dari tanggal 1 Februari hingga 15 April 2019 yang lalu.

Selanjutnya seleksi tingkat kabupaten/kota diselenggarakan pada 1 April s.d. 30 Juli 2019, diikuti oleh 276 tim. Usai seleksi tingkat kabupaten/kota, segera dilaksanakan pertandingan tingkat provinsi, berlangsung pada tanggal 1 s.d. 25 Agustus 2019. Sedangkan pertandingan tingkat nasional akan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 20 Oktober 2019, di Jakarta.

"Suatu kebahagian bagi kita, tahun ini untuk kedua kalinya GSI diselenggarakan. Gala siswa ini bisa menjadi wadah penyaluran bakat siswa, bahkan menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para siswa. Ini sangat baik karena melalui olahraga, penguatan pendidikan karakter dapat dikembangkan dan dipraktikkan," ucap Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano, saat membuka rapat koordinasi dan drawing GSI jenjang SMP tahun 2019, di Jakarta, Selasa (23/07/2019).

Supriano berharap penyelenggaraan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2018 yang lalu. "Awal diselenggarakannya GSI tahun kemarin, kami mempersiapkannya hanya selama tiga bulan. Saat itu saya sebagai Direktur SMP diperintahkan Mendikbud dalam untuk membuat terobosan menjawab pendidikan karakter dan mencetak anak berprestasi di bidang olahraga, salah satunya sepak bola. Maka tercetuslah penyelenggaraan GSI ini," terang Supriano.

Wakil I Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Bidang Pembinaan Organisasi KONI, Mayjen TNI (Purn) Suwarno, memberikan apresiasi kepada Kemendikbud yang telah mencetuskan penyelenggaraan GSI. "Atas nama jajaran KONI menyambut baik dan mengapresiasi prakasa dan inisiatif untuk menjadikan sepak bola sebagai ikon kemendikbud dalam pembinaan atlet Indonesia," ucap Suwarno.

Pada GSI tahun 2018, Provinsi Jawa Timur keluar sebagai Juara I. Di partai final, Jawa Timur mengalahkan Banten dengan skor 4 -3 melalui adu pinalti. Juara ketiga diraih Provinsi Jawa Tengah setelah mengalahkan Provinsi DKI Jakarta dengan skor 3-0. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1437 kali