LKS 2019 Jadi Magnet Vokasi di Kota Pelajar  09 Juli 2019  ← Back

Yogyakarta, Kemendikbud —- Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2019 telah dimulai. Dari empat lokasi, Jogja Expo Centre (JEC) yang merupakan pusat acara langsung dipadati ribuan pengunjung di hari pertama pembukaan, (9/7/2019). Umumnya pengunjung tertarik untuk melihat keahlian yang diperagakan para peserta.

Tak hanya perlombaan saja yang menjadi daya tarik, pameran dan job matching menjadi alasan lain ramainya pengunjung yang hadir. Mereka yang hadir pun terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat sekitar.

Salah satu pengunjung yang hadir saat itu adalah Salwa. Bersama teman-temannya, siswi SMPN 2 Banguntapan ini datang ke lokasi lomba karena tertarik menyaksikan kompetisi antar SMK. Selain itu sudah duduk di kelas 9 sehingga merasa perlu untuk mencari tahu tentang jurusan-jurusan di SMK yang ada saat ini.

“Kita tertarik karena kan sudah kelas 9. Kalau kita mau masuk SMK, kita butuh mencari informasi,” katanya

Lain halnya dengan Budi dan Udfan dari SMKN 2 Yogyakarta. Selain untuk melihat perlombaan, keduanya juga sedang mencari  informasi pekerjaan di pameran job matching yang diisi berbagai stan pameran  yang memang disiapkan untuk mempertemukan lulusan SMK dengan dunia industri dan memperkaya wawasan mereka.

“Kami juga kan baru lulus, kami juga butuh informasi kerja. Infonya bukan cuma buat kami, tapi juga titipan teman-teman,” tutur Budi.

Menurut Magdalina selaku petugas informasi, di hari pertama jumlah pengunjung terhitung ramai. Sebagian besar dari mereka datang untuk melihat langsung bagaimana anak-anak SMK dari seluruh Indonesia menunjukkan kemampuannya. Sebagian lain ingin melihat pameran dan workshop dunia industri, dan job matching.

Acara inti di JEC akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 9 - 11 Juli 2019. Selama itu, berbagai pameran industri, produk inovatif, dan unggulan, workshop industri, serta job matching akan turut meramaikan LKS ke-27 ini. Tak hanya itu, di bagian belakang panggung juga sudah disiapkan lokasi untuk istirahat lengkap dengan stan-stan kuliner yang diisi oleh siswa-siswi SMK. (Shahwin Purnomo Aji).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1534 kali