LKS 2019 Resmi Dibuka, 759 Siswa SMK Siap Unjuk Kemampuan  08 Juli 2019  ← Back

Yogyakarta, Kemendikbud — Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2019 kembali di gelar. Tahun ini, Yogyakarta menjadi tempat bagi 759 siswa SMK dari 34 provinsi untuk unjuk kemampuan di 32 bidang pekerjaan. Mengawali pembukaan, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Didik Suhardi menyampaikan bahwa ajang tahunan ini bukan sekadar panggung perlombaan, tetapi juga ajang menampilkan keahlian peserta yang menggambarkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

“LKS adalah kesempatan untuk menampilkan prestasi siswa di bidang keahlian masing-masing, serta sebagai ajang untuk menggambarkan peningkatan kualitas SMK di Indonesia,” tutur Didik pada pembukaan LKS di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (8/7/2019).

Selain itu terkait peningkatan kualitas pendidikan vokasi, Sesjen juga menyampaikan tentang perlunya evaluasi sebagai upaya untuk menyesuaikan keahlian dengan kebutuhan dunia kerja dan industri yang ada saat ini. Karena menurutnya jurusan SMK baiknya harus relevan dengan dunia kerja.

“Jurusan SMK harus diselaraskan dengan dunia kerja, harus ada kesinambungan antara lulusan SMK dengan kebutuhan dunia usaha dan industri”, katanya.

Kemudian di kesempatan yang sama, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menuturkan bahwa masih ada anggapan penguasaan teknologi siswa lulusan SMK masih lemah.

“Padahal pada bulan November tahun 2018 lalu, ada perwakilan siswa SMK Indonesia di ajang lomba tingkat Asia yang memenangkan tiga medali emas dan enam medali perak,” jelasnya.

Karena itu ia mengingatkan bagi para pemenang nantinya agar terus mengasah kemampuan agar bisa bersaing di tingkat internasional. “Banyak anak Indonesia yang jenius di bidang manufaktur dan teknologi informasi yang merupakan bibit-bibit yang dimiliki oleh negara”, sambungnya.

Selain perlombaan, dalam rangkaian acaranya, ada pula workshop industri dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Tujuan workshop ini adalah untuk mengenalkan anak muda Indonesia dalam menghadapi era ekonomi digital, strategi dalam memasarkan produk SMK di era revolusi industri 4.0. Selain itu juga ada job matching yang bertujuan memberikan peluang dan menambah wawasan kepada lulusan SMK untuk berinteraksi dengan dunia industri dan usaha yang memerlukan tenaga kerja.

Lomba akan berlangsung pada 8 - 11 Juli 2019, selain melibatkan ratusan siswa SMK, juga ada 116 orang juri yang terdiri dari pihak yang kompeten di bidangnya. Untuk lokasinya akan berpusat di Jogja Expo Centre (JEC), SMK Negeri 6 Yogyakarta, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Hotel Grand Dafam Yogyakarta. (Ardanari Christi Bunga/Shahwin Purnomo Aji).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2761 kali