Usai Berkompetisi, Peserta OSN 2019 Berwisata di Tomohon   04 Juli 2019  ← Back


Tomohon, Kemendikbud — Usai berkompetisi di ajang bergengsi tingkat nasional, para peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 berwisata di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Mereka diajak berkunjung ke lokasi wisata edukasi seperti Danau Linouw, Bukit Doa Mahawu, dan lainnya.

Selain bertamasya, wisata edukasi ini juga bertujuan untuk mengenalkan kekayaan alam Indonesia kepada mereka. Dari sini juga mereka bisa melihat langsung fenomena sains yang terjadi di alam Indonesia.

Misalnya, Danau Linauw yang merupakan danau vulkanik yang memiliki beberapa lubang hidrotermal yang masih memuntahkan gas panas dari tepian atau kedalaman danau. Komposisi kimiawi yang berubah juga terjadi di danau tersebut, hal itu menyebabkan perubahan warna danau mulai dari merah, hijau tua, dan bahkan biru gelap.

Setelah menghadapi tes teori dan tes praktik dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, sebagian besar peserta OSN 2019 merasa senang dan beruntung dapat menikmati keindahan alam Sulawesi Utara. Waktu longgar ini mereka manfaatkan dengan swafoto, menikmati hidangan khas Minahasa, dan lainnya di lokasi wisata tersebut.

Arbi Ardiansyah, satu dari peserta OSN 2019 bidang lomba ekonomi mengungkapkan, Sulawesi Utara memiliki kekayaan alam yang menakjubkan dan ini menjadi pengalaman berharga pertama kali berkunjung ke Celebes. Selama berada di sini, kata dia, masyarakatnya ramah bagi pendatang maupun wisatawan.

“Sedikit kaget karena beda kultur dengan aku yang berada di Jawa Barat, tapi sudah menyesuaikan juga. Ingin sekali berkunjung ke Manado lagi, apalagi Bunaken,” ujar siswa kelas XII SMAN 3 Kota Sukabumi, Jawa Barat, itu saat diwawancarai usai berkunjung di Danau Linauw, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Kamis (4/7/2019).

Tak lupa para peserta OSN 2019 pun diajak ke pusat oleh-oleh khas Sulawesi Utara sebagai buah tangan bagi keluarga atau lainnya. Selanjutnya, mereka juga diajak menceritakan pengalaman tersebut kepada teman-temannya di rumah dan atau sekolah tentang kekayaan sumber daya alam Indonesia tersebut. (Agi Bahari)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2530 kali