58 Pejabat Eselon II dan III Kemendikbud Menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional  03 Agustus 2019  ← Back

 

Depok, Kemendikbud —- Sebanyak 58 pejabat setingkat eselon II dan III telah menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VI di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Jumat, (2/8/2019). Dalam acara pelepasan  tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan ucapan selamat kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto Adi menjelaskan bahwa tujuan dari diberikan pelatihan agar para pemangku kebijakan di kementerian dan lembaga mampu melakukan perubahan. Karena itu pendekatan yang diberikan bukan lagi tentang teori dan konsep, melainkan pembawa perubahan dan inovasi, termasuk dalam penyelesaian masalah.

“Makanya kita ajarkan memetakan masalah, tidak mungkin kita bisa membuat suatu terobosan, memberikan solusi yang baik, kalau kita tidak tahu masalah organisasi,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Didik Suhardi juga menambahkan bahwa kemampuan memimpin, integritas dalam mengelola sumber daya serta pemanfaatan teknologi, merupakan kunci keberhasilan bagi pejabat pimpinan pratama untuk pembangunan organisasi yang adaptif, tanggap, juga responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

PKN ini semula diikuti  oleh 60 peserta namun ada 2 peserta yang tertunda kelulusannya, satu dikarenakan izin untuk berhaji dan satunya lagi sedang memperbaiki proyek perubahannya. Seluruhnya berasal dari berbagai instansi, diantaranya 30 orang dari lingkungan Kemendikbud dan 30 orang lainnya berasal dari kementerian/ lembaga lainnya, yakni Kemenristek Dikti (11 orang); Kementerian PPN/Bappenas (2 orang); Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (4 orang); Kementerian Tenaga Kerja (1 orang); Kejaksanan Agung (1 orang); BATAN (1 orang); Mahkamah Agung (1 orang); POLRI (5 orang); LAN (2 orang); Pemkab Rejang Lebong (1 orang); dan Pemkot Cimahi (1 orang). (Shahwin Purnomo Aji).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1817 kali