Kemendikbud Ajak Orang Tua dan Masyarakat Ikut Upacara Bendera HUT ke-74 RI  16 Agustus 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud—Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) mengajak orang tua dan masyarakat di seluruh Indonesia turut serta dalam upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Imbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 90246/A.AS/TU/2019 tentang Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat pada Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di Lingkungan Satuan Pendidikan. Surat edaran tersebut disampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Berdasarkan surat edaran Sesjen Kemendikbud tersebut, terdapat empat imbauan terkait pelibatan publik dalam penyelenggaraan upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Pertama, penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2019, dan berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 85567/A.A6.2/TU/2019, tanggal 6 Agustus 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kedua, mendorong menguatkan ikatan tri pusat pendidikan, yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat melalui penyiapan barisan khusus bagi ketiga pihak tersebut pada saat upacara bendera peringatan HUT RI ke-74 berlangsung. Ketiga, mengimbau sekolah untuk menginformasikan kepada orang tua dan masyarakat mengenai pelaksanaan upacara bendera di sekolah dan pakaian resmi yang dikenakan masyarakat dan orang tua saat upacara. Pakaian yang dikenakan harus rapi dan sopan dengan memperhatikan norma kepantasan, misalnya berupa baju batik/kemeja dengan bawahan berwarna gelap, memakai pakaian tradisional yang pantas dan sopan, dan tidak diperkenankan memakai kaos dan sandal. Keempat, Sekolah bersama orang tua dan masyarakat sekitar bergotong-royong dalam menyelenggarakan aneka kegiatan memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di lingkungan sekolah.*



Jakarta, 16 Agustus 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
www.kemdikbud.go.id
Sumber : SIARAN PERS BKLM, Nomor: 269/Sipres/A5.3/VIII/2019

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 2670 kali