Manfaat Olahraga Bocce untuk Anak Tunagrahita  19 Juli 2021  ← Back



Jakarta, 15 Juli 2021 --- Bocce merupakan olahraga yang pelaksanaannya menggabungkan antara bowling dan biliar. Bocce awalnya diperuntukkan bagi anak tunagrahita. Ada banyak manfaat yang dapat dipetik dari cabang olahraga ini, terutama bagi anak-anak tunagrahita.

Cara memainkan bocce adalah melemparkan bola, untuk menyentuh atau mendekati bola putih. Bola putih dalam bocce disebut bola palina. Bola lemparan pemain yang bisa menyentuh bola palina atau paling dekat jaraknya dengan bola palina inilah pemenangnya.

"Sangat besar pengaruhnya setelah anak sering mengikuti latihan bocee, pertama meningkatkan kemampuan bersosialisasi, menambah kepercayaan diri, serta melatih kejujuran dan sportivitas," ujar Triningsih, salah seorang pelatih bocce, (19/7). Triningsih menambahkan bahwa cabang olahraga bocee tidak perlu kecepatan, dan kekuatan. "Hanya perlu fokus dan konsentrasi," tambahnya.

Sebuah penelitian dari Universitas Negeri Jakarta menunjukkan bahwa Implikasi dari pelaksanaan pembelajaran olahraga bola bocce untuk anak tunagrahita memberikan kontribusi yang besar bagi siswa tunagrahita. Kontribusi tersebut eerutama dalam hal meningkatkan pengetahuan.

Dalam jurnal penelitian yang disusun oleh Indah fatmawati tersebut menyimpulkan, dengan memberikan pembelajaran olahraga bola bocce untuk anak tunagrahita maka siswa dapat meningkatkan kemampuan motorik siswa dan mengajarkan siswa untuk belajar bekerja sama dan menjalin kekompakan. Oleh karena itu mengajarkan permainan bocce kepada siswa tunagrahita memiliki banyak manfaat. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 7024 kali