Beragam Keseruan Budaya Akan Tampil di Pekan Kebudayaan Nasional 2019  30 September 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Gelaran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 semakin mendekati harinya. Tujuh hari lagi,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Pekan Kebudayaan di Istora Senayan, Jakarta, pada 7 s.d. 13 Oktober 2019. Ratusan orang telah mendaftar melalui laman pkn.kebudayaan.id setiap harinya. PKN 2019 akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari beragam pengisi acara. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa bermain permainan tradisional, menghadiri konferensi, hingga mencicipi kuliner nusantara. Berikut ulasan singkat tentang kegiatan yang akan hadir dalam PKN 2019.

Konferensi
Konferensi dalam PKN ini nantinya akan membahas pelbagai isu potensial dalam perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan terhadap Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK). Ada 15 isu yang akan dibicarakan dalam konferensi PKN, di antaranya Sastra Adaptasi, Kearifan Lokal Ekologi sebagai Sumber Daya Pemajuan Kebudayaan, Jalur Rempah, Paradoks Budaya 4.0, Etno Astronomi, Kebaya Talk, dan masih banyak lagi.

Pertunjukan
Dalam PKN, ruang pertunjukan dipersembahkan untuk mewadahi ekpresi dan eksplorasi kreatif dari para pelaku budaya dalam bentuk tari, musik, monolog, dan rupa pertunjukan seni lainnya. Tema yang diangkat dalam ruang pertunjukan adalah “Merawat dan Meruwat Indonesia: Menjenguk DNA Budaya Nusantara”.

Kompetisi
Ragam kompetisi permainan rakyat berbasis OPK dari daerah hingga pusat akan ditampilkan dalam PKN. Sebut saja permainan tradisional Gobak Sodor, Terompah Panjang, Egrang, Lari Balok, dan lain-lain. Semua permainan tradisional ini dapat dimainkan oleh para pengunjung yang hadir dalam PKN pada 7 s.d. 13 Oktober 2019.

Pameran
Ruang pameran juga akan dipenuhi informasi kekayaan budaya yang hadir dari 34 provinsi di Indonesia, Wastra Nusantara, Warisan Budaya Takbenda, hingga Warisan Dunia. Tak sekedar informasi, dalam ruang pameran juga akan diperlihatkan bagaimana bentuk dan rupa dari kultur perkayuan, seni rupa, wayang daun, pemutaran film, hingga capaian pemajuan kebudayaan.

Kuliner Nusantara
Di area ini, para pengunjung akan disuguhkan ribuan jenis kuliner khas nusantara. Mulai dari camilan, jejamuan hingga makanan pokok.

Kampung Permainan Rakyat
Di area lain, para pengunjung juga disuguhi permainan rakyat yang dapat dimainkan bersama teman dan keluarga. Area Kampung Permainan Rakyat akan menghadirkan kenangan dan memori masa lalu dalam kemasan yang sama seperti pada masanya, sehingga kenangan akan masa lalu tentu akan sangat terasa di sini.

Pawai: Parade Digdaya Nusantara
Parade Digdaya Nusantara menjadi tema yang diangkat dalam agenda pawai. Pawai menjadi penutup dari rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional, yang nantinya tentu saja akan dimeriahkan oleh ribuan pengisi acara yang menggunakan kostum adat tradisional.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah ruang interaksi seluruh unsur kebudayaan dan merayakan keragaman ekspresi budaya Indonesia yang sesuai mandat Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 yang lalu. Mengutip lagu Kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza “marilah kita mendoa, Indonesia bahagia”, Pekan Kebudayaan Nasional akan menjadi sebuah ruang bersama untuk Indonesia Bahagia. (Desliana Maulipaksi).


Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 2262 kali